Dari 401 Desa, Baru 200 Desa Yang Mengajukan Pencairan DD

oleh -1,093 kali dibaca

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Pati mengutarakan, dari 401 desa di Kabupaten Pati, baru sekitar 200 desa yang mengajukan proposal pencairan Dana Desa (DD) tahap kedua.

“Anggaran DD tahap kedua sudah ditrasnfer dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD). Pemkab Pati tinggal mentrasnfer ke rekening masing-masing desa,” jelas Kepala Dispermades Pati, Muhtar, Kamis (28/09/2017).

Namun, lanjut dia, dari RKUD sampai saat ini belum mentransfer ke desa di Pati. Pasalnya, saat ini baru proses pengajuan surat permohonan ke Bupati Pati, untuk mentransfer dana dari RKUD ke rekening desa.

“Untuk pencairan dana desa tahap pertama sudah rampung, untuk pencairan tahap kedua mudah-mudahan beberapa hari kedepan, dana dari RKUD sudah ditransfer ke rekening daerah,” terangnya.

Imbuh Muhtar, dalam waktu dekat Bupati Pati Haryanto dan Dispermades Pati, akan memanggil semua pejabat desa ke Pendapa Kabupaten Pati, untuk diberikan arahan dan penjelasan terkait DD.

“Regulasi pencairan DD tahap kedua, pihak desa harus menyelesaikan laporan pertanggungjawaban berkas pencairan DD tahap pertama,” bebernya.

Sesuai dengan jadwal, masih Muhtar, target pencairan DD tahap kedua selesai pada Oktober. Sehingga November dan September nanti, desa sudah melaporkan pertanggungjawaban DD tahap kedua 2017 dan mempersiapakn pencairan DD tahap pertama 2018.

“Sebanyak 401 desa dikucur Rp 317 miliar pada tahun ini. Dengan rampungnya laporan pencairan DD sebelum akhir tahun, maka dapat memudahkan pencairan tahun berikutnya,” tandasnya. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.