Debit Air di Kaliwungu Meninggi, Pintu Air Belimbing Dibuka, Sejumlah Parpol Kirim Bantuan

oleh

Kudus, isknews.com – Pintu air di Desa Belimbing Kidul, Kecamatan Kaliwungu Kudus kini telah dibuka. Hal itu dilakukan ketika debit air Sungai Wulan meningkat dan sejumlah wilayah, utamanya permukiman penduduk di Kecamatan Kaliwungu, tergenang.

Camat Kaliwungu Harso Widodo berharap, langkah ini akan efektif untuk mengurangi banjir yang menggenangi Desa Setrokalangan, Desa Banget dan Desa Kedungdowo.

Pintu air Desa Belimbing Kidul Kaliwungu Kudus yang dibuka untuk melancarkan akses air (Foto: istimewa)

‘’Sebab saat ini air Sungai Wulan meningkat, nyaris melimpas masuk ke lahan pertanian, meski telah ditahan oleh saluran spill way. Kondisi tersebut terjadi di wilayah Blok Nggoleng, Dukuh Karangturi, Desa Setrokalangan,’’ paparnya, Senin (24/02/2020).

Ia menambahkan, faktor penyebab banjir di wilayah Kecamatan Kaliwungu memang lain dari wilayah lainnya, karena lebih disebabkan adanya banjir kiriman dari wilayah utara, yakni air dari Pegunungan Muria, kemudian dari selatan yang masuk ke Sungai Wulan. Bahkan saat tidak hujan pun banjir bisa terjadi.

TRENDING :  Alih Bentuk Jadi Politeknik Kudus, Akbid Tambah Program Studi

“Hari ini pintu air di Desa blimbing mulai dibuka. Semoga desa yg terkena genangan air cepat surut,” jelasnya.

Ia mengatakan, warga yang terdampak banjir hari ini sudah mendapatkan penanganan. Pelayanan puskesmas pun dikerahkan hingga 29 Februari 2020.

Seperti di wilayah Dukuh Karangturi, Desa Setrokalangan. Pelayanan  kesehatan juga dibuka  di  Desa Banget.

“Selain puskesmas keliling juga disediakan fasilitas pelayanan kesehatan on call bagi warga masyarakat terdampak banjir bila suatu waktu dibutuhkan,” jelasnya.

DPD PAN Kudus berikan bantuan logistik kepada warga terdampak banjir di Desa Setrokalangan Kaliwungu Kudus (Foto: YM)

Terkait dengan pelayanan logistik bagi warga masyarakat terdampak akan mendapatkan berupa beras. Jumlah warga terdampak banjir baik yang ada di Setrokalangan, Banget dan Kedungdowo akan mendapatkan beras 0,4 kg selama tiga hari.

“Warga terdampak banjir juga mendapatkan bantuan mi instan dari BPBD Kudus dengan asumsi selama tiga hari,” katanya.

TRENDING :  Ini Kronologi Kecelakaan Karambol di Pantura Demak

Sedangkan penanganan lanjutan sudah disiapkan oleh Dinas Sosial P3AP2KB berupa beras sebanyak 600 kg. Kebutuhan logistik lainnya berupa air mineral akan berkoordinasi dengan PMI Kudus.

Diberitakan sebelumnya, banjir di tiga desa di Kecamatan Kaliwungu meluas, Senin (24/2/2020). Desa Setrokalangan menjadi terparah terdampak banjir yang disebabkan karena limpasan Sungai Wulan.

“Tadi malam sempat surut. Cuma tadi pagi hujan deras. Ini genangan air di Desa Setrokalangan kembali meluas,” kata Staf Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kudus M Agus Hartono.

Ia mengatakan, di Desa Setrokalangan ada sebanyak 77 rumah yang terdampak. Sebelumya ada 70 rumah warga yang tergenang air. Ketinggian air bervariasi. Sekitar ada 20 hingga 30 cm, bahwa ketinggian air mencapai 1,5 meter.

Sejumlah kader dan relawan Endang Kursistiyani anggota DPRD Kudus dari fraksi PAN saat memberikan bantuan ke rumah-rumah warga terdampak banjir di Desa Setrokalangan Kaliwungu Kudus (Foto: YM)

Kemudian di Desa Kedungdowo ada sebanyak 26 rumah warga yang tergenang air. Serta di Desa Kedungdowo ada sebanyak 26 rumah warga yang terdampak banjir.

TRENDING :  Penumpang Meninggal Saat Naik Bus Jurusan Semarang - Surabaya

Sementara itu sejumlah elemen masyarakat mulai memberikan bantuannya bagi warga terdampak banjir khususnya Desa Setrokalangan Kaliwungu Kudus. Salah satunya adalah dari DPD PAN Kudus, Senin (25/02/2020) sore.

Dihadiri ketua DPD PAN Kudus Budiyono, dirinya mengaku membagikan sejumlah bantuan berupa telur sebanyak 6 krat yang merupakan bantuan dari Endang Kursistiyani anggota DPRD Kudus Fraksi PAN dari Dapil Kaliwungu yang wilayahnya terlanda banjir.

Budiyono yang mewakili Endang mengatakan, bantuan diberikan sesuai daftar kebutuhan yang dibutuhkan oleh warga terdampak.

“Jadi sebelum ini kami koordinasi dengan Kepala Desa Setrokalangan tentang logistik apa saja yang menjadi prioritas dan diperlukan oleh warga Desa, pak Kades bilang adalah telur. Makanya kami memberikan bantuan telur ini,” katanya saat ditemui di Balai Desa. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :