Desa Ngagel Gelar Rangkaian Bersih Desa, Hormati Budaya, Leluhur dan Sang Pencipta

oleh -1,089 kali dibaca

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Seluruh elemen masyarakat desa Ngagel kecamatan Dukuhsati Pati hari ini Sabtu (29/7/2017) tumpah ruah di jalan desa guna menghormati leluhur dan melaksanakan kegiatan rutin tahunan bersih desa dimana desa merupakan tempat kita tinggal dan menikmati hasil bumi dari berkah Sang PenciptaNya.

Sebanyak 26 Ancak (Gunungan) yang berisi hasil bumi diarak mengelilingi desa Ngagel Dukuhseti guna ikut meramaikain Bersih desa Ngagel.

“Setiap tahunya peringatan Bersih Desa Ngagel dimulai dari nyadran ke tempat Mbah Surgi (Mbah Suro Kencono) yang dipercaya masyarakat setempat sebagai Akal Bakal Cikal desa Ngagel, yang biasanya di laksankan setiap malam Sabtu Legi pada bulan Apiit seperti ini”, ungkap Suwardi kepala desa Ngagel kepada awak media.

“Bersih desa merupakan wujud syukur masyarakat kepada sang Pencipta yang telah memberikan nikmat dari Hasil Bumi, dan Ancak (Gunungan) merupakan gambaran dari hasil bumi yang talah kita dapatkan untuk di bagi bagikan kepada sesama” Imbuhnya.

Rencanaya kirap budaya akan digelar selama dua hari berturut turut di desa Ngagel, yaitu hari Sabtu sampai hari Minggu. Seperti tahun tahun sebelumnya,kirab budaya yang digelar setiap tahunnya mendapatkan repon positif dari warga, terbukti di sepanjang jalan yang dilewati peserta kirab selalu dipadati dengan pagar betis warga yang ingin melihat langsung jalanya kirab budaya desa Ngagel.(Wk)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.