Di Kudus, Daftar Haji Tahun Ini, Baru Berangkat 25 Tahun Mendatang

oleh
Dokumentasi isknews.com 2019. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, isknews.com – Pembatalan keberangkatan haji ke tanah suci tahun 2020 ini, berdampak semakin panjangnya antrean warga jalankan Rukun Islam kelima.

Di Kabupaten Kudus, jika mendaftar tahun ini, maka kira-kira 25 tahun mendatang pendaftar baru mendapat giliran berangkat ke tanah suci.

“Daftar antrean masih 25 tahun, kira-kira tahun 2045. Hal ini tidak pasti hanya estimasi, bisa maju bisa mundur, tergantung porsi kuota haji yang disediakan hingga ada yang meninggal atau tunda berangkat karena hamil,” kata Kasi Haji Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kudus, Su’udi, Rabu (3/6/2020), kepada isknews.com

TRENDING :  Warga RW 05 Kelurahan Mlatinorowito Bantu Swadaya Sembako ke Warga

Su’udimenjelaskan, pembatalan haji 2020 ini membuat 1033 Jemaah Calon Haji (JCH) Kudus harus dialihkan ke tahun 2021 untuk berangkatnya.

TRENDING :  Komunitas Pecinta Sepeda Tua Disambut Meriah di Kudus

Padahal, tuturnya, mereka sudah melunasi setoran biaya haji 2020. Pembatalan keberangkatan mereka ini seiring keputusan pemerintah membatalkan keberangkatan haji 2020 disebabkan pandemi COVID-19.

“Kita mengikut pemerintah dan semua jemaah calon haji sudah diberitahu,” ujar Su’udi.

Ia menjelaskan, pengumuman tersebut sudah disampaikan ke ratusan JCH 2020. Mereka telah diminta untuk menonton pengumuman di televisi kemarin (2/6/2020), pukul 10.00 WIB. “Sesuai dengan konferensi pers, keberangkatan haji tahun ini batal,” katanya.

TRENDING :  Kelanjutan Pembangunan Trade Centre Terganjal Biaya

Batalnya keberangkatan haji tahun ini, tuturnya, secara otomatis jemaah calon haji sudah terdaftar dan melunasi setoran biaya haji akan berangkat tahun depan. “Semua jemaah kita sudah melunasi setoran haji. Insya Allah tahun depan berangkat kalau sudah aman,” pungkasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :