Dianggarkan Rp 790 Juta, Bersamaan Dengan 2 Titik Lainnya Perempatan Tugu A Yani Akan Dipasang Traffic Light

oleh -899 kali dibaca

KUDUS, isknews.com – Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Kudus, mengalokasikan anggaran sebesar Rp 790 juta, untuk pengadaan traffic light di tiga titik. Anggaran tersebut sumber dananya dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kudus, tahun anggaran (TA) 2016. “Diantaranya, dari tiga titik itu, yang akan dipasangi traffic light, adalah perempatan Tugu A Yani,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dishubkominfo Kabupaten Kudus, Putut Dwi Kuncoro, saat dihubungi isknews.com, Jumat (4/3), di ruang kerjanya.
Menurut dia, selain perempatan Tugu A Yani, tepatnya di depan Gedung DPRD Kabupaten Kudus, dua titik lainya yang akan dipasangi traffic light, adalah perempatan Burikan, di Jalan Bakti, Kecamatan Kota, dan perempatan di sebelah timur Universitas Muria Kudus (UMK). Dalam pelaksanannya, pengadaan traffic light itu pengerjaanya diserahkan pihak kedua, atau rekanan.
Terkait dengan penentuan titik lokasi pemasangan traffic light, ungkapnya lanjut, melalui proses yang memakan waktu cukup lama, mulai dari survei kepadatan lalu lintas, pengkajian kebutuhan dan permintaan atau usulan masyarakat, khususnya pengguna jalan, dan koordinasi dengan Satuan Lalu Lintas Polres Kudus. “Dari semua proses itu, pemasangan traffic lihgt di suatu titik, adalah berdasarkan pada kebutuhan, yang tujuannya untuk mengurai kemungkinan terjadinya kemacetan lalu lintas di titik tersebut.”
Dengan adanya penambahan traffic light di atas, pihaknya mengimbau kepada masyarakat, khususnya pengguna jalan, agar senantiasa peraturan lalu lintas, termasuk diantaranya dengan mentaati rambu-rambu yang terpasang di jalan-jalan umum. “Kami dari jajaran Dishubkominfo Kabupaten Kudus, mengimbau kepada masyarakat, agar tertib di jalan dan mengutamakan keselamatan,” tegas Putut. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :