Dibalik Kesederhanaan Tempe Gembos

oleh -1,409 kali dibaca

image

Kudus,26/3 isknews.com – Tempe gembos adalah makanan yang mudah kita jumpai di pasar tradisional, harganya pun sangat murah.Tempe gembos terbuat dari ampas tahu memang sangat sederhana, namun dibalik kesederhanaannya ternyata membutuhkan proses yang sangat panjang pembuatannya.

Menurut ketetangan salah satu pembuat tempe gembos Noor Yanto warga jati RT 2/5  saat ditemui isknews.com, ia menjelaskan” Sebelum membuat tempe gembos, pastikan bahan (ampas tahu) dicuci bersih terlebih dahulu, setelah bersih barulah dimasak hingga matang. setelah matang angkat peras airnya agar kadar airnya berkurang atau hilang, setelah itu barulah ditiriskan biar dingin. proses selanjutnya bahan yang sudah dingin tadi baru di beri ragi, dicampur agar merata, setelah itu baru di masukkan dalam plastik sesuai ukuran yang diinginkan dan diamkan di tempat penyimpanan sampai 2 atau 3 hari lamanya agar bahan tadi mengeras dan kenyal barulah jadi tempe gembos” ungkapnya

Tempe gembos dapat diolah menjadi berbagai masakan yang enak sesuai selera masing masing, digoreng, di masak bumbu kare atau pun di bacem. Setiap hari Noor yanto membuat tempe gembos hanya sebagai sampingan disela pekerjaannya sebagai penjual tahu. Dia hanya membuat semampunya saja sekitar 300-500 biji per hari.

LR

KOMENTAR SEDULUR ISK :