Didirikan Habib Luthfi bin Yahya, DPC Petanesia Hadir di Kudus

oleh -1,944 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Organisasi kemasyarakatan (Ormas) Pecinta Tanah Air Indonesia (Petanesia) yang didirikan tokoh ulama asal Kota Pekalongan, Maulana Al-Habib Luthfi bin Ali Yahya ini murni mengusung gerakan moral kebangsaan dengan misinya memelihara kerukunan dan mendukung keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pernyataan ini disampaikan Ketua Tim Caretaker Petanesia Kabupaten Kudus Mawahib saat silaturrahim dan ta’aruf DPC Petanesia Kabupaten Kudus, di RM Bambu Wulung Kudus, Senin (18/10/2021) malam.

Acara tersebut, kata Mawahib, merupakan ajang silaturrahim dan ta’aruf dengan pengurus cabang DPC Petanesia Kudus, turut di hadiri juga dari Kasi Kepemudaan pada Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah (Jateng).

Ia menjelaskan, Petanesia sebuah ormas yang diijinkan oleh maulana Habib Luthfi, maksud tujuannya, supaya semakin mencintai NKRI, dari berbagai lintas sektor dan lintas agama.

“Anggotanya dari unsur FKUB, FSPSI, Pemuda Nahdhatul Ulama, Pemuda muhammadiyah, perwakilan lintas agama, petani, pekerja, buruh serta dari elemen-elemen profesi lainnya,” paparnya.

Kemudian yang kedua, hadirnya ormas tersebut untuk mereduksi konflik-konflik, deradekalisme, radikalisme dan intoleransi yang selama ini menjadi persoalan merobek bangsa, dengan konsepnya 4 pilar kebangsaan sebagai penyangga yang menjadi panutan dalam keutuhan bangsa indonesia yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar, Bhineka Tunggal Ika, NKRI

“Keberadaan 4 pilar, sudah final sehingga kita terus gaungkan, apalagi di era serba digital dan revlousi industry, jangan sampai terkikis budaya asing,” tegasnya.

Mawahib mengatakan, Petanesia bukan organisasi politik dan tidak terpengaruh urusan politik. Petanesia hadir untuk menumbuhkan kecintaan anak bangsa pada bangsa Indonesia, memajukan kehidupan umat yang rukun dan damai, mendorong kemandirian ekonomi masyarakat melalui kegiatan cinta budaya, agama dan tanah air.

“Petanesia berasal dari berbagai latar belakang suku, ras, agama, kepercayaan dan lintas profesi bertekad akan saling mengisi, merancang program kegiatan yang mampu bersinergi dengan banyak pihak untuk mencetak anak bangsa yang mencintai negaranya demi terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” kata Mawahib yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dewan Kebangsaan, DPC Petanesia Kabupaten Kudus.

Sementara itu, Kasi Kepemudaan Disporapar Jateng, Ray Azis, mengapresiasi dan menyambut baik hadirnya DPC Petanesia di Kudus. Terlebih di Kudus banyak organisasi kepemudaan lintas sekor dan lintas agama.
“Petanesia menyatukan komunikasi lintas sekotor dan antar umat beragama, acaranya ada tema berwawasan kebangsaan, dalam kesatuan kebhinekaan untuk menjaga NKRI, terlebih dimasa pandemi saat ini,” terangnya.

Pihaknya ingin semua organisasi terlibat di Petanesia, supaya bisa menyatukan persepsi yang ada, “Kami berharap nanti kalau bisa semua pihak terlibat dalam kegiatan yang mempersatukan persepsi dalam bernegara, berbangsa dan bertanah air,” pungkasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :