Didominasi Kebakaran Lahan, Kebakaran di Kudus Hingga Awal Oktober 2019 Capai 72 Kejadian

oleh

Kudus, isknews.com – Meski tak sebanyak kejadian kebakaran pada tahun 2018 lalu yang mencapai 96 kejadian, Namun hingga awal bulan Oktober ini Bidang Pemadam Kebakaran dan Perlindungan Masyarakat (Damkar dan Linmas) kantor Satpol PP Kabupaten Kudus telah mencatat sudah 72 peristiwa kebakaran di wilayah kota kretek ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Rinardi  Budianto Sekalu Kabid Linmas Damkar Satpol PP Kudus yang mengatakan, di musim kemarau panjang ini jumlah kejadian kebakaran hingga kini sudah ada sebanyak 72 kejadian. meski tak sebanyak jumlah total tahun 2018.

“Namun ini baru hitungan awal Januari hingga Oktober awal ini,” katanya, Kamis (03/10/2019).

TRENDING :  Jelang Natal Dan Tahun baru 2019 PLN Kudus Gelar Pasukan Dan Perlengkapan
Foto dokumentasi saat petugas pemadam kebakaran memadamkan api (Foto: YM)

Ia mengatakan, kejadian kebakaran di Kudus kebanyakan terjadi pada lahan kering. Sedangkan terbanyak kedua, di permukiman. Lalu gudang gula tumbu hingga tempat pembuangan sampah.

TRENDING :  Satpol PP Kudus Berhasil Sita Sejumlah Minuman Keras Dari Dua Desa

“Kalau penyebabnya kebanyakan karena kelaianan manusianya sendiri,” ujarnya.

Beruntung, dalam 72 kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Hanya ada kerugian secara material. Namun, dari Satpol PP belum menghitung besaran kerugian keseluruhan akibat kejadian kebakaran di Kudus.

“Korban jiwa nihil, kerugian materil saja,” ujarnya.

Ditambahkan dia, hingga kini hanya ada empat unit kendaraan pemadam kebakaran yang dimiliki Satpol PP. Sedangkan untuk petugas damkar ada sebanyak 31 personel.

TRENDING :  Seorang Pemuda Tewas Tersengat Pagar Listrik

Untuk itu, pihaknya selalu mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan selalu waspada. Terutama, untuk tidak sembarangan membakar sesuatu yang dapat menimbulkan kebakaran.

“Masyarakat selalu kami imbau untuk selalu berhati-hati dan waspada,” tambahnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :