Didorong Naik Kelas, UMKM di Kudus Dilatih Teknis Pengadaan Barang dan Jasa

oleh
Pelaku UMKM di Kudus Dilatih Teknis Pengadaan Barang dan Jasa. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, isknews.com – Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Tengah mengadakan sosialisasi dan pelatihan untuk membantu pelaku UMKM mengikuti pengadaan barang dan jasa pemerintah.

“Hari ini sosialisasi diikuti 40 pelaku UMKM di Kudus,” kata Kepala Bidang Koperasi dan UMK Kudus Rofiq Fachri, di @Hom Hotel Kudus, Senin (19/10/2020).

Peserta sosialisasi merupakan pelaku usaha di Kudus yang bergerak di bidang UMKM produksi berbagai macam, diantaranya Batik, Boga, Claster, “Mereka bisa menjadi atau berpartiipasi untuk mengikuti atau ikut andil dalam penyedia bar jas pemerintah,” paparnya.

Jadi, kata Rofiq, pelaku UMKM dapat menawarkan produknya kepada Dinas terkait atau lembaga melalui aplikasi bela pengadaan sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), serta laman UMKM pada e-katalog.

Rofiq menyatakan pendamping akan memberikan edukasi agar UMKM naik kelas dan meningkatkan kualitas produknya sesuai standar dan izin yang berlaku.

Sementara Teguh Imam Sayekti, perwakilan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah mengatakan pihaknya menawarkan pendampingan untuk membantu pelaku usaha melengkapi standarisasi hingga izin yang diperlukan. Pelaku usaha juga dilatih untuk meningkatkan kualitas produksi sesuai kebutuhan kementerian dan lembaga.

“Sosialisasi secara virtual di seluruh Dinas Koperasi dan UKM di Jateng juga dilakukan, untuk menjaring UMKM dan melakukan pendampingan dalam pemanfaatan platform penjualan produk tersebut,” terangnya

Akses pembiayaan UMKM akan dibantu melalui kerjasama dengan bank BUMN. Menurut Teguh, kontrak pengadaan dengan nilai di bawah Rp 50 juta langsung dibayarkan pemerintah melalui kredit di Bank Himbara sehingga tak ada penundaan pembayaran. “Pemerintah melalui kementrian juga sedang mengusahakan agar proyek Rp 50-250 juta juga bisa melibatkan Himbara dengan skema lain,” katanya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :