Diduga Arus Pendek Kebakaran Melanda Toko Karisma Fashion Gundangmanis

oleh -1,164 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Toko pakaian Karisma Fashion yang terletak di  Dukuh Kadilangon Desa Gondangmanis RT. 01 RW. VIII Kecamatan Bae Kudus, siang tadi sekitar pukul 12.30  WIB telah terjadi musibah kebakaran (13/4).

Kronologi peristiwa kebakaran yang menimpa toko tersebut adalah sebagai berikut, Pada pukul 12.30 WIB saksi  yang merupakan warga sekitar dan tetangga melihat toko Karisma Fashion terlihat ada kepulan asap,  toko yang saat itu sedang  ditinggal istirahat oleh para pekerja tukang yang sedang memperbaiki plafon toko. Kemudian saksi yang tidak mau disebutkan namanya itu memberitahukan kepada warga sekitar dan melakukan pertolongan pemadaman api dengan alat pemadam seadanya,  “kebetulan pada saat kejadian kebakaran pintu rolling door ditutup, namun tidak dikunci sehingga kami dan warga dengan mudah melakukan upaya pemadaman.  Selama setengah jam warga berusaha bahu membahu memadamkan api dan pada sekitar pukul 13.00 WIB api baru dapat dipadamkan dengan menggunakan air selang”, jelasnya.

Setelah kejadian tersebut pada pukul 13.20 WIB tuck pemadam kebakaran dari PT. Nojorono dan BPBD Kudus tiba dilokasi namun api sudah dapat dipadamkan oleh warga.

Dalam peristiwa kebakaran tersebut  tidak terdapat korban jiwa,  2 buah kulkas hangus terbakar, 1 buah mesin jahit listrik hangus terbakar. 1 buah TV 21″ hangus terbakar serta sejumlah pakaian dagangan yang ada di toko ikut hangus terbakar. Diperkirakan kerugian sekitar puluhan juta rupiah.

Saat ini penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan aparat Polsek Bae. Namun dugaan kuat kebakaran terjadi akibat korseleting atau hubungan  arus pendek listrik dari stop kontak yang menghubungkan ke kulkas, sehingga mengakibatkan perangkat cop kontak tidak kuat menahan beban arus listrik yang besar dan mengakibatkan perangkat mudah panas serta mudah terbakar. (Senopati)

KOMENTAR SEDULUR ISK :