Digelar April, 30 Tim PS Dijadwalkan Ikuti Kompetisi Divisi 1 dan 2 ASKAB PSSI Kudus

oleh -2,026 kali dibaca
Sosialisai pelaksanaan kompetisi divisi 1 dan 2 ASKAB PSSI Kudus yang dihadiri sejumlah pimpinan PS-PS di Kudu, Sabtu (10/02/2024) (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – ASKAB Kabupaten Kudus berencana akan segera menggulirkan kompetisi sepak bola U-17 dan U-23 sebagai ajang penyaluran talenta, bakat serta kemampuan talenta muda sepak bola di Kabupaten Kudus dengan format kompetisi penuh selama satu musim.

Hal positif ini diungkapkan dalam sosialisasi liga Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepak Bola seluruh Indonesia (PSSI) Kabupaten Kudus Kompetisi liga divisi 1 dan 2 yang digelar di United Stadium, Singocandi, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus pada Sabtu (11/02/2024).

Ketua Askab PSSI Kudus, Daniel Budi Sampurno mengatakan bahwa kegiatan luar biasa ini dapat dilaksanakan berkat kekompakan pengurus, rekan-rekan pecinta bola dan pihak terkait sehingga dapat memfasilitasi untuk membuat kompetisi sepak bola ini.

“Untuk divisi 1 bergulir selama 30 pekan mulai April – November. Sementara untuk divisi 2 selama 22 pekan mulai Mei sampai Oktober mendatang,” katanya.

Dengan adanya liga divisi 1 dan divisi 2 ini, diharapkan skill pemain akan semakin matang.

“Kita komunikasi bersama stakeholder dengan baik, apalagi ini juga salah satu impian dari owner salah satu penggagas yaknj dari pihak Sukun yangmana ada harapan untuk pembinaan sepakbola di Kabupaten Kudus,” ujarnya.

Daniel menyebut bahwa kompetisi dilakukan selama kurang lebih 8 bulan dengan sistem home away. Selain itu, pihaknya juga mempersilahkan UMKM untuk berjualan sebagai support dukungan menambah perekonomian agar bangkit dan berkembang.

“Dengan digelarnya kompetisi ini kita bisa menemukan bibit-bibit untuk kita proyeksikan ke suratin tahun ini. Berkat teman-teman yang ada di Askab kita bisa benar-benar membuat pembinaan yang baik di kota Kudus dan turut mensupport UMKM lokal untuk dapat berjualan disekitar,” katanya.

Ia berharap supaya pembinaan di Kota Kretek semakin maju dan semakin unggul untuk perkembangan sepak bola Tanah Air.

“Semoga kita juga dapat menemukan pemain dari putra daerah. Jadi kita juga ada talent spotting agar mereka ini punya harapan untuk berprestasi di sepak bola yang ada di Kabupaten Kudus.

Sementara itu, Corporate Secretary PR Sukun Deka Hendratmanto menjelaskan bahwa bentuk kompensasi tidak ikut dalam mendukung sponsirship Persiku saat ini ialah dengan digantinya dukungan memberikan support Liga Askab PSSI Kudus kompetisi divisi 1 dan 2.

“Pihak manajemen Sukun Wartono siap memberikan pendanaan kegiatan dengan penuh. Kami harap mimpi kami terelisasi dan niat baik ini dieksekusi untuk membinaan sepak bola Kudus yang lebih baik,” paparnya.

Senada, Ketua Liga PSSI Kudus, Nur Rohmad, menyebutkan dalam kepengurusan tahun 2021 2025 banyak torehan prestasi seperti kompetisi junior pada tahun sebelumnya, Persiku masuk 8 besar, Menjuarai Jateng dan menjadi juara 3 liga Soeratin Nasional 2024.

“Kami turut memberikan dukungan penuh kepada askab PSSI Kudus dan Persiku junior. Sebagai contoh kemarin Kontingen Kudus dalam Porprov Jateng juara 1 tahun 2023 meraih medali emas di tengah kisruh manajemen kepengurusan KONI lama yang terseret dugaan korupsi hingga berakhir munaslub,” sebutnya.

Disisi lain, Ketua Bidang Kompetisi Askab PSSI, Mustain berterimakasih kepada ketua persatuan sepakbola masing-masing yang menjadi anggota askab PSSI Kudus.

“Tujuan dibentuknya kompetisi divisi 1 persiku dan divisi 2 ini ialah untuk penjaringan usia 23 dan liga junior dan Porprov jateng. Semoga nantinya akan ditemukan bibit bibit pemain yang dapat mengharumkan Kota Kretek lebih besar,” tandasnya.

Sebagai informasi, total hingga saat ini terdapat 30 tim yang telah terdaftar di Askab PSSI Kabupaten Kudus. Sementara untuk ketentuan Liga Askab PSSI Kudus 2024 ini ialah sebagai berikut.

  1. Format liga askab dengan sistem kompetisi penuh (home away)
  2. Peserta liga askab adalah ps yang terdaftar di kompetisi divisi 1 dan 2
  3. Kompetisi di laksanakan bersamaan antara divisi 1 dan divisi 2 pada tahun 2024
  4. Peserta divisi 1 adalah tim yang terdaftar di divisi 1 di tambah tim divisi 2 yang promosi/ naik di kompetisi tahun 2023
  5. Peserta divisi 2 adalah tim yang sudah ikut kompetisi divisi 2 tahun 2023 di tambah tim baru yang mendaftar apabila masih ada kuota peserta
  6. Kuota peserta divisi 2 tahun 2024 terbatas
  7. Divisi 1 adalah u-23 dengan ketentuan kelahiran maksimal tanggal 31 Desember 2001
  8. Divisi 2 adalah u-17 dengan ketentuan kelahiran maksimal tanggal 31 Desember 2007
  9. Sosialisasi pelaksanaan akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 10 Februari 2024. (YM/YM)
KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.