Digelar Tanpa Kirab, Umat Tri Darma Kudus Khusuk Rayakan Bwe Gee

oleh -142 kali dibaca
Belasan Umat Tri Darma Kudus Khusuk Rayakan Bwee Gee pada Kamis (28/1/2021) malam. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, isknews.com – Umat Tri Darma Klenteng Hok Hien Bio, Kabupaten Kudus, dalam suasana pandemi menggelar perayaan Bwe Gee tanpa kirab seperti tahun-tahun sebelumnya.

Pantauan isknews.com pada Kamis (28/1/2021) mulai jam 8 malam, belasan umat terlihat khusuk melakukan rangkaian prosesi ibadah yang dipimpin langsung oleh Lo Chu Ade Surya Wijaya. Dalam memanjatkan ibadah doa bersama para umat tetap mematuhi protokol kesehatan.

Ketua Persatuan Budha Indonesia (Permabudhi) Kudus Samuel Hidayat mengatakan, selain di Klenteng sejumlah umat ada yang memilih ibadah di rumah, karena pada dasarnya ibadah bisa dimana saja.

Ia menjelaskan bahwa Bwe Gee merupakan peringatan hari terima kasih oleh umat kepada Yang Mulia Kongco Hok Tek Tjing Sin (Dewa Bumi) karena telah diberi rezeki selama setahun.

“Ini merupakan tradisi menutup tahun Imlek tahun ini. Perayaan itu sekaligus ungkapan syukur umat Tri Darma atas bumi yang merupakan wadah berbagai elemen hidup yang menghidupi manusia, seperti air, udara, tanaman, dan hewan,” kata Samuel

“Di bumi pula kami bertempat tinggal, membangun keluarga, bekerja, dan mengolah berbagai sumber daya alam untuk hidup. Di bumi kami mendapatkan kesejahteraan, kesehatan, dan keselamatan. Untuk itulah kami bersyukur,” tambahnya.

Dalam perayaan itu, lanjut Samuel, Umat Tri Darma menggelar doa bersama memohon kesejahteraan, kesehatan, serta mendoakan bangsa dan Negara supaya terhindar dari marabahaya dan juga bencana.

Sekilas Sejarah Bwe Gee

Berdasarkan sejarahnya, Bwe Gee muncul dalam tradisi masyarakat Tionghoa karena rasa terima kasih mereka kepada seorang pejabat negara (kepala pajak) yang jujur, bersih, dan bijaksana, bernama Hok Tik Cing Sien. Oleh karena kebijaksanaannya, rakyat menghormati dan mencintainya.

Atas kebijaksanaan dan kejujurannya, Hok Tik Cing Sien diangkat Dhi Kong/Tuhan Yang Maha Esa menjadi Dho Tee Kong atau Dewa Bumi dengan tugas menjaga dan memelihara alam sekitar. Oleh karena itu, setiap menjelang Imlek, Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Hok Hien Bio Kudus menggelar perayaan Bwee Gee sebagai ungkapan terima kasih atas karunia Dewa Bumi dalam menjaga alam sekitar sepanjang tahun.  (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :