Diikuti 40 peserta SMKN 2 Kudus Gelar Workshop Jurnalistik

oleh -1,087 kali dibaca

KUDUS, isknews.com – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Kudus, menggelar kegitan Workshop Jurnalistik, dengan tema “Be a Succesfull Joernalist”, berlangsung selama satu hari penuh, Minggu (20/12), bertempat di aula sekolah tersebut. Sebanyak 40 peserta siswa-siswi perwakilan masing-masing kelas, mengikuti workrshop, yang menampilkan Narasumber Darmanto Nugroho, reporter media on line Info Seputar Kudus (ISK), dan Nor Choeiruddin, reporter RCTI.
Darmanto, sebagai nara sumber, memberikan materi atau makalah “Proses Kerja Jurnalistik” dan “Cara Wawancara Dengan Baik, Benar dan Efektif”. Garis besar proses kerja jurnalistik, menurut Narasumber tersebut, meliputi rapat redaksi, reportase, penulisan berita, editing, setting dan layout.
Setelah rapat redaksi, wartawan harus turun ke lapangan untuk mencari obyek reportase, dan setelah melakukan wawancara, wartawan media cetak akan melakukan proses kerja berikutnya, yakni menulis berita. Di sini, wartawan dituntut untuk mematuhi asas 5 W + 1 H, yang bertujuan untuk memenuhi kelengkapan berita. Asas ini terdiri dari What (apa yang terjadi), Who (siapa yang terlibat dalam kejadian tersebut), Why (mengapa terjadi), When (kapan terjadinya), Where (dimana terjadinya), dan How (bagaimana terjadinya).
Usai pemberian materi, dilanjutkan dengan praktek membuat atau menulis berita, dengan tema bebas, sesuai pilihan masing-masing. Dan yang terbanyak adalah membuat berita tentang suasana di desa tempat tinggalnya.
Nor Khoeiruddin, Narasumber berikutnya, memberikan materi yang terkait dengan peliputan media elektonik, khususnya televisi. Pada garis besarnya, kalau media cetak lebih menonjolkan tulisan, maka media televisi kelebihannya pada suara dan visual.
Sementara itu, Dra Tituk Mawantusih, guru yang juga pembina bidang kesiswaan SMKN 2 Kudus, mengatakan, tujuan mencetak kader-kader jurnalis yang lebih kreatif & inovatif dalam bidang jurnalis. “Kegiatan Workshop jurnalistik ini yang mengadakan adalah oleh OSIS SMKN 2 Kudus.” (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :