Dikebut Perbaikan Sejumlah Ruas Jalan Rusak Akibat Curah Hujan Tinggi dan Banjir

oleh -378 kali dibaca
Sejumlah pekerja saat melakukan perbaikan jalan di seputar Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus (Foto: istimewa)

Kudus, isknews.com – Bencana banjir dan curah hujan tinggi yang menerpa sejumlah wilayah di Kabupaten Kudus tak urung menyebabkan kerusakan pada sejumlah ruas-ruas jalan akibat terkikisnya aspal permukaan jalan karena tersapu banjir ataupun hujan lebat.

Menanggapi hal tersebut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Kudus, Arief Budi Siswanto memastikan bahwa langkah cepat  perbaikan sejumlah ruas jalan sudah pihaknya lakukan.

Menjawab tudingan bahwa Pemkab Kudus terkesan lambat merespon sejumlah ruas jalan yang rusak akibat diguyur hujan dan banjir, dia menjelaskan untuk perbaikan tentunya tidak bisa dilakukan disaat curah hujan sedang tinggi, harus menunggu cuaca kondusif terlebih dahulu.

“Pengaspalan jalan harus menunggu jalanan kering dahulu, agar aspal tidak mudah mengelupas kembali, saat sejumlah ruas jalan sudah memungkinkan untuk  diperbaiki, kami akan secepatnya lakukan itu,” tutur Arief, Kamis (18/02/2021).

Meski begitu saat kondisi hujan masih mengguyur deras, pihaknya juga telah melakukan sejumlah penambalan darurat pada jalan berlobang dengan karung-karung pasir atau digelar di sejumlah kawasan banjir atau lokasi tepatnya di sebelah selatan Klenteng Tanjung Karang, Jati, Kudus.

“Kami lakukan sebagai antisipasi kemacetan karena ada muncul lubang besar di ruas jalan Kudus-Purwodadi dengan pengurukan material LPA atau Grosok, meskipun kewenangan ada pada Dinas Bina Marga dan Ciptakarya Provinsi Jawa Tengah. Karena itu masuk jalan Provinsi,” terang dia.

Sebelum ini sebagai langkah darurat pihaknya juga telah melakukan perbaikan  sejumlah ruas jalan akses menuju arah luar kota. Baik jalan yang dikelola oleh Provinsi maupun jalan nasional.

Diantaranya yakni Jalan Jenderal Sudirman, jalan Dersalam – UMK, jalan Panjang – Peganjaran, jalan R Agil Kusumadya – Mijen  dan jalan Kencing – Tanjungkarang.

“Sedangkan penanganan hari ini perbaikan jalan telah kami lakukan di jalan Sunan Muria, jalan Simpang Tujuh, jalan Gatot Subroto, jalan Ahmad Yani dan jalan Pramuka,”  tandasnya.

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.