Diklat Latihan Madya Se Ex Karesidenan Pati : Bentuk Relawan Relawan NU Yang Siap Dan Andal

oleh -1,066 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Bertempat di Lapangan Teloyo Desa Jurang Kecamatan Gebog Kudus, pagi tadi (5/5) telah dilangsungkan Kegiatan Upacara Pendidikan dan Latihan Madya (Diklatmad) Se Eks Karesidenan Pati Tahun 2016. Kegiatan yang direncanakan akan dilaksanakan selama tiga (3) hari, dimulai tanggal 05 hingga 08 Mei 2016.
Diklat yang bertema “Meningkatkan Kemampuan dan Kualitas Kader Inti Siaga, Peduli, dan Tanggap Darurat” tersebut di ikuti oleh Sebanyak kurang lebih sejumlah 93 orang yang terdiri dari 35 putra dan 58 putri, para peserta adalah berasal dari Utusan DKC CBP IPNU IPPNU, Utusan DKAC CBP IPNU, Utusan DKAC KPP IPPNU se Kab. Kudus serta di ikuti oleh Utusan DKC CBP IPNU KPP IPPNU Se Eks Karesidenan Pati.
Melalui wahana Pendidikan dan Latihan Madya (Diklatmad) sebagai jenjang dan pelatihan diharapkan nantinya diharapkan akan mampu menjawab semua tantangan diatas, sebab dalam pelatihan tersebut peserta akan di gembleng, dilatih tentang Idiologi Aswaja dan Bela Negara, SAR, Pertolongan Pertama, Kedisiplinan dan kesiapsiagaan, ujar Joni Prabowo yang merupakan Ketua PC IPPNU dan Futuhal Hidayah Ketua PC IPPNU Kabupaten Kudus dan bertindak Sebagai penanggung jawab pada acara diklat tersebut.
Hadir pada acara pembukaan Diklat antara lain : Kasdim 0722 Kudus, Mayor Inf Sagimin, Ketua PC. NU Kudus, Drs H Abdul Hadi M.Pd, sementara dari PB IPNU pusat hadir, Rekan Hadison, para Pengurus dan Ketua IPNU dan IPPNU Kudus serta Babinsa dan Babinkamtibmas se Kecamatan Gebog Kudus.
Menurut Joni Prabowo, tujuan dari dilangsungkannya kegiatan ini adalah, “Untuk membentuk karakter kader kader yang berpegang teguh pada ajaran Ahlussunah wal jamaah, serta memiliki kepekaan sosial yang tinggi terhadap masyarakat dan menjadi kader kader bangsa yang rela berkorban demi nusa dan bangsa serta rela mengabdi kepada masyarakat’ katanya.
Sementara ketika disinggung mengenai tujuan spesifik penyelenggaraan kegiatan diklat ini, joni menjelaskan, “intinya IPNU ingin membentuk kader yang yang berwawasan kepada Pancasila serta mengamalkan UUD 4, mampu menjadi konseptor dan generator organisasi, mengembangkan pengetahuan tentang CBP dan KPP secara mendalam, menyediakan tenaga pelatih yang handal di tingkat cabang, anak cabang hingga ranting,” katanya.
Ditambahkan oleh Joni, “ tidak hanya itu para kader diharap mampu mengidentifikasi dan memahami problem organisasi, memiliki fisik maupun mental untuk menjadi kader militan yang siap menghadapi tantangan ke depan, membangun motifasi dan mengembangkan ketrampilan kader, loyalitas dan komitmen kader terhadap organisasi dan membentuk relawan relawan NU yang siap dalam penanganan gawat darurat serta menyiapkan kader kader penerus CBT-KPP yang solid di tiap tiap cabang,” tambahnya.
Joni berharap melalui Diklatmad CBP bersama KPP Se Eks Karesidenan Pati tahun 2016 ini, akan muncul embrio embrio relawan disetiap Kecamatan di Kabupaten Kudus yang siap siaga dengan penuh rasa ihklas untuk menolong sesama yang terkena musibah.(LR)

KOMENTAR SEDULUR ISK :