Diminati Ratusan Calon Siswa dari Jawa – Bali, ASTI Kudus Buka Akademi Sepakbola di Kendal

oleh -972 kali dibaca
Ratusan calon siswa peserta seleksi dari Jawa dan Bali peminat Akademi sepakbola tugumuda Indonesia Kendal sesaat menjelang rekrutmen, Selasa 01/02/2022 (Foto: istimewa/ASTI)

Kudus, isknews.com – Kepakkan sayapnya, Akademi Sepakbola Tugumuda Indonesia (ASTI) Kudus, dalam rangka meningkatkan kualitas sepakbola bagi pemain muda di Indonesia kini secara resmi telah membuka akademi sepak bola baru di luar Kudus yakni di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Sebagai bagian dari investasi pemain muda untuk klub di masa mendatang, peresmian dan pembukaan ASTI Kendal ditandai dengan, menggelar seleksi atlet sepakbola kelompok usia SMP dan SMA di Stadion Utama Kendal, yang diikuti oleh sebanyak 167 pesepakbola muda dari berbagai wilayah, yang terdiri dari Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah, serta Bali.

Direktur Utama Akademi Sepakbola Tugumuda Indonesia, Arif Budianto caption : (Foto: istimewa/ASTI)

Direktur Utama ASTI Kendal, Arif Budiyanto mengatakan, maksud dibukanya Akademi Sepakbola yang dikelolanya di Kendal ini akibat mulai tingginya animo talenta muda sepakbola dari seluruh Indonesia ke akademinya.

“Sehingga kami perlu melakukan perluasan wilayah binaan untuk menampung tingginya permintaan siswa yang ingin bergabung di ASTI. Saya bersyukur di Kendal ini anak-anak disini juga punya antusiasme besar untuk itu. Jadi, mari berbagi dan berdiskusi dalam membina anak-anak ini,” ujar direktur ASTI.

Terkait pendirian akademi di Kendal, Arif menjelaskan bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan rekrutmen siswa. Dirinya sempat tak menyangka ternyata proses deleksi diminati oleh ratusan peserta dari seluruh Jawa dan Bali.

“Untuk ASTI Kendal ini, dari 167 peserta seleksi yang mendaftar akan dipilih 30 untuk usia SMP dan 30 usia SMA. Dikatakan, para atlet ASTI bisa masuk segala kompetisi. Seleksi dilaksanakan satu hari bertepatan hari Iibur nasional digelar di Stadion Utama Kendal, yakni terkait skil atau ketrampilan dalam menguasai bola. Selain itu juga mental dan kerjasama dalam tim,” katanya.

Dijelakan, saat ini para atlet sepakbola di Indonesia bagian barat yang kami tampung di ASTI Kendal, nantinya juga dari Indonesia bagian timur juga akan kami tampung. Bahkan atlet yang dipilih tidak hanya akan dididik secara mental fisik, namun juga akhlaknya,” kata Arif.

Pembina ASTI Kabupaten Kendal, Rusmono Rudi Nuryawan mengatakan, ASTI Kendal
nantinya akan menjadi Basecamp Training Center, yang akan ditempatkan di wilayah Boja

.”Dengan adanya kegiatan seleksi dari ASTI ini, dunia sepakbola di Kabupaten Kendal akan lebih maju dan berkembang. Bahkan atlet dari Kendal nantilah yang akan mengisi berbagai tim sepakbola di tanah air,” ujarnya.

Wawan sapaan akrabnya menambahkan, saat ada kompetisi seperti Piala Suratin atau
kompetisi lain, ASTI Kendal akan turunkan atlet usia 17, 15 dan 13.

Dirinya berharap, kegiatan ASTI Kendal ini mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah
maupun warga Kendal. Sehingga para atlet ASTI bisa lebih semangat untuk berlatih dan
berprestasi demi nama baik Kabupaten Kendal.

Salah satu peserta seleksi dari klub sekolah sepakbola Al Fatih Provinsi Bali, I Komang Alit
Indra Saputra mengaku mendaftar di Kendal, dengan harapan bisa diterima.

“Semoga saya bisa diterima di ASTI Kendal. Sehingga bisa menambah ilmu dan menambah wawasan dari ajang seleksi ASTI ini,” ujarnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :