Dinilai Tak Berizin Warga Demaan Kudus Tolak Pemasangan Tiang Listrik Baru

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Warga RT 01 RW 01 Desa Demaan, Kecamatan Kota, menolak rencana pemasangan empat tiang listrik baru di wilayahnya, karena lokasi yang akan dipasang tiang merupakan tanah milik pribadi. Penolakan itu lantaran pemasangan tiang listrik baru tersebut tanpa terlebih dahulu melakukan pemberitahuan kepada warga.

Salah seorang warga Arief mengatakan, rencananya ada empat tiang baru yang akan dipasang diwilayahnya. Namun sebagian di antaranya dipasang di lahan pribadi milik warga. “Kami keberatan dengan pemasangan tiang baru ini. Sesuai prosedur harusnya ada pemberitahuan terlebih dahulu, bukan asal-asalan seperti ini,” ujarnya.

TRENDING :  Listrik Di Kudus Sering Padam, Kenapa?

Disampaikannya, penolakan warga lantaran merasa dirugikan apabila pemasangan tetap dilakukan. Pertama, karena tiang tersebut dipasang di lahan milik pribadi, yang bisa saja menimbulkan masalah di kemudian hari.

Dia mencontohkan, semisal tiang tersebut ternyata mengganggu akses jalan menuju rumah. “Tentunya merugikan. Padahal ketika ada warga yang hendak memindah tiang harus bayar ke PLN, tapi ini pasang tanpa ada pemberitahuan apalgi ganti rugi sama sekali tidak ada,” tega Arief.

TRENDING :  Pupuk Rasa Kemanusiaan dan Solidaritas, PMI Kudus Gelar Rangkaian Kegiatan Sosial

Arief menyebutkan, karena penolakan warga tiang yang semula direncanakan empat buah, saat ini baru dua yang terpasang. Dua lainnya masih dibiarkan. “Tanahnya sudah digali, tapi kami menolak dipasang,” imbuhnya.

Terpisah Camat Kota Kholid Seif mengungkapkan, terkait pemasangan tiang listrik baru di Demaan, pihaknya belum menerima surat pemberitahuan apapun dari PLN Rayon Kudus. “Memang beberapa waktu lalu ada surat pemberitahuan dari PLN. Tapi isinya pemberitahuan perimbasan pohon yang dinilai berpotensi menyebabkan gangguan listrik,” papar Kholid.

TRENDING :  Jelang Ramadan PLN Pastikan Persediaan Pasokan Listrik Terpenuhi

Dia menegaskan, hingga saat ini instansi yang dipimpinnya belum menerima surat terkait penanaman tiang listrik baru di Desa Demaan.

Sementara itu, Manajer PLN Rayon Kudus Kota Sunoto menjelaskan, sebelum pemasangan tiang listrik, PLN memiliki kewajiban terlebih dahulu mengirimkan surat pemberitahuan kepada pemilik tanah atau instansi terkait setempat.

“Kita kirim surat dulu biasanya kepada pihak terkait. Setelah disetujui baru kita pasang,” ujarnya. (MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.