Dinkes Kudus Pastikan Calon Jemaah Haji Divaksin Miningitis dan Polio sebelum Berangkat

oleh -924 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus menggelar vaksinasi memastikan calon jamaah haji telah di vaksin meningitis hingga polio sebelum keberangkatan menuju Mekkah. Pelaksanaan vaksinasi dilakukan secara berkala. Kedua vaksin tersebut sesuai dengan kebijakan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada DKK Kudus, Darsono menjelaskan, Pelaksanaan imunisasi polio ini, menyusul dari adanya temuan kasus polio yang terjadi di wilayah Provinsi Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Jawa Timur.

“Calon jemaah haji telah menjalani imunisasi meningitis dan covid-19 beberapa waktu lalu. Lantaran adanya kasus polio yang terjadi di wilayah Jawa Tengah, calon jemaah haji di Kabupaten Kudus juga diwajibkan untuk menjalani imunisasi polio. Pekan depan jadwalnya vaksin Polio,” jelasnya, Senin (22/4/2024).

Namun, kata Darsono, Sebelum menjalani vaksinasi, para CJH terlebih dahulu menjalani screening kesehatan. Hal ini dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan calon jemaah fit sebelum divaksin.

Sementara itu, Menurut Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kudus, Asrul Fatkhi, Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kudus yang akan diberangkatkan haji tahun ini terdata sebanyak 1.395 orang. Terbagi menjadi 5 kloter, yakni kloter 68, 69, 70, 71, dan 72. Untuk tanggal tepat keberangkatan, dijadwalkan tanggal 29-30 Mei 2024. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :