Dinsos Kudus Imbau Masing-masing Desa Rajin Update DTKS

oleh -160 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Kudus, Mundzir mengimbau masing-masing Desa selalu update data DTKS agar tidak beresiko ke bantuan. “Mereka tidak ada yang update akan resiko bantuan. Kami harap masing-masing desa itu sudah paham dan mau update data itu,” jelasnya saat dihubungi isknews.com, Senin (9/11/2020).

Pihaknya mendorong agar Kepala Desa (Kades) aktif dalam melakukan pembaharuan atau update Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Pasalnya DTKS menjadi acuan dalam penyaluran bantuan sosial.

Hal itu dilakukan, agar bantuan baik dari pusat atau daerah bisa tersalurkan dengan cepat dan tepat sasaran. Apalagi dalam masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, banyak bantuan yang diberikan oleh pemerintah pusat ke daerah.

DTKS ditetapkan Menteri untuk menjadi dasar bagi Kementerian/Lembaga maupun Pemerintahan Daerah dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

lebih lanjut, Kabupaten Kudus pada bulan Juli-Agustus 2020 telah melaksanakan pendataan, “Verifikasi dan validasi DTKS melalui aplikasi SIKS-NG yang telah di tetapkan oleh Plt Bupati Kudus, pada tanggal 7 September 2020 lalu,” paparnya.

Hasil dari verifikasi dan validasi tersebut, dari 63.048 rumah tangga yang terdaftar DTKS, baru 27.558 rumah tangga yang terbarukan atau baru kisaran 44 persen data yang diperbaiki.

“Data itu memang berjalan dinamis, kendala keterbatasan di bagian admin misalnya. Saya berharap Bimtek ini bisa meningkatkan dari yang 44 persen itu menuju minimal 70-75 persen,” tegasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :