Dinsos Kudus Telah Ajukan 139 Nama Klaim Santunan Kematian Covid-19

oleh -87 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Sebanyak 139 nama korban meninggal akibat covid-19 telah diusulkan ke Kementrian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) melalui dinas sosal Provins Jawa tengah.

Hal itu diusulkan supaya mendapatkan santunan kematian sebesar Rp. 15 juta. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari tahap I sebesar 43 orang, tahap II sebesar 36 orang, tahap III sebesar 42 orang dan tahap 4 sampai Jumat (6/11/2020) baru 18 orang yang mengajukan.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Perlindungan Rehabilitasi Sosial dan Perlindungan Bantuan Jaminan Sosial pada Dinas Sosial P3AP2KB Kudus, Adji Setiawan, Jumat (13/11/2020).

Jumlah yang diajukan tersebut, lanjut Adji, telah melalui verifikasi persyaratan awal termasuk melakukan pengecekan surat – surat antara lain surat keterangan desa/kelurahan dan surat kematian akibat Covid-19 dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus. Setelah itu pihaknya baru mengirimkan ke Dinas Sosial Provinsi  Jawa Tengah untuk dilakukan verifikasi lanjutan.

“Kita ngirimnya ke dinsos propinsi Jateng, oleh dinsos propinsi dilanjut ke kemensos, jadi kita sifatnya memfasilitasi bagi korban covid,” paparnya.

Diakui oleh Adji, pihaknya juga tidak berani memberikan jaminan nama – nama yang diusulkan itu pasti mendapatkan santunan kematian dari Kemensos RI. Karena semua itu adalah wewenang dari Kemensos RI. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :