Diprotes Warga Sekitar, RSUD Kudus Bakal Perbaiki Alat Pembakar Limbah

oleh -3,574 kali dibaca
Foto: Capture video milik warga.

Kudus, isknews.com – Usai diprotes sejumlah warga Desa Ploso RT 3 RW 4, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus terkait cerobong asap limbah medis, Selasa (24/8/2021), pihak RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus langsung menanggapinya.

Dari hasil audiensi bersama Kades Ploso dan jajaran perangkatnya, Manajemen memutuskan akan memperbaiki incinerator atau alat yang digunakan untuk membakar limbah dalam bentuk padat dan dioperasikan dengan memanfaatkan teknologi pembakaran 

Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD dr Loekmono Hadi Kudus, Sugiarto mengatakan, berdasarkan kesepakatan dengan warga, RSUD akan melakukan perbaikan incenerator pembakar limbah.

“Atas kesepakatan dengan warga, inecerator akan diperbaiki. Selama perbaikan, pembakaran limbah sementara dihentikan,”tandasnya.

Sementara Ketua RT 3 RW 4, Desa Ploso, Sugiyanto mengatakan, warga telah terganggu dengan keberadaan kepulan yang keluar dari cerobong asap. Setidaknya sudah ada 5 hingga 10 tahun. Terkait Audiensi sudah pernah dilakukan, namun kata Sugiyanto, belum membuahkan hasil.

“Polusi yang ditimbulkan sangat mengganggu warga. Terutamanya asapnya hitam pekat mempengaruhi pakaian yang dijemur. Kemudian lantai rumah menjadi kotor dan warga mengalami sesak nafas,” ujarnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :