Disdikpora : 66 dari 350 Pelajar di Kudus Lolos Seleksi Calon Paskibraka

oleh -138 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Sebanyak 66 dari 350 pelajar di Kota Kretek lolos Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Kabupaten Kudus. Adapun seleksi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) telah dilaksanakan Selasa (22/3) dan Rabu (23/3) lalu di Gedung Tenis Indoor, Balai Jagong.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus Harjuna Widada melalui Kabid Kepemudaan Arini Budi Utami menjelaskan calon peserta tersebut berasal dari siswa – siswi SMA dan SMK serta MA. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mengikuti seleksi ini. Salah satunya adalah kemampuan baris berbaris, tinggi badan dan berat badan harus ideal.

Adapun seleksi paskibraka diikuti sekitar 350 siswa SMA/SMK. Hari pertama seleksi ada 250 siswa dan berikutnya diikuti 100 siswa.

”Sebenarnya target kami ada 400 siswa, namun jumlah 350 siswa pun bagi kami sudah cukup baik. Nanti, diambil 66 siswa, karena dua siswa dipilih maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, syarat ikut seleksi paskibra di antaranya, untuk putri tinggi badan minimal 165 sentimeter dan maksimal 175 sentimeter. Putra tinggi badan minimal 170 sentimeter dan maksimal 180 sentimeter.

”Ya, ada pengukuran ulang tinggi badan dan timbang berat badan, kemudian lari sebaga  I penasan dan megukur ketahan fisik. Sebelum dimulai kecakapan baris berbaris. Seleksi Paskibra bersama anggota TNI dan Kepolisian yang tiap tahun melatih dan gembleng Paskibra,” ujarnya.

Pihaknya berharap tahun ini ada yang lolos menjadi Paskibra Nasional. Selesi ini benar-benar dipilih secara ketat dan juga memiliki wawasan yang luas. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :