Disdikpora Kudus Dorong Generasi Muda Lebih Peduli dan Sadar Lingkungan

oleh -190 kali dibaca
Komunitas Siap Darling bersama Kelompok Tani Patiayam melaksanakan penghijauan di kawasan pegunungan Patiayam, Kudus. Menanam sebanyak 5.225 bibit pohon (Foto: istimewa)

Kudus, isknews.com – Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus mendorong generasi muda untuk lebih peduli terhadap lingkungannya.

Kepala Seksi Pembangunan Sumber Daya Pemuda Disdikpora Kudus Agus Subandi beranggapan bahwa perlu mengubah perilaku masyarakat khususnya generasi muda, dengan berbagai cara.

Cara pertama yang telah dilakukan pemerintah adalah mendorong masyarakat untuk menerapkan 3R, yaitu reduce, reuse dan recycle. Yang kedua, perlunya bank sampah dan menunjukkan bahwa sampah juga mempunyai nilai ekonomis. Yang ketiga, dengan membuat kebijakan kantong plastik berbayar yang telah diterapkan di beberapa minimarket di Kudus.

Namun, Agus bependapat, adanya kebijakan dan langkah-langkah strategis yang diterapkan oleh pemerintah akan berakhir sia-sia apabila masyarakat Indonesia, terutama generasi mudanya tidak peduli.

“Generasi muda adalah tumpuan kami (pemerintah), kalau dari yang muda sudah peduli terhadap lingkungan, saya yakin kebijakan (pemerintah) akan berdampak dengan baik,” terangnya.

Agus menambahkan bahwa, “Seharusnya, semakin tinggi pendidikan, semakin sadar.”

Menurut Agus, kebiasaan buruk masyarakat Indonesia yang masih membuang sampah sembarangan harus diubah. “Orang Indonesia itu bisa berbudaya, dalam skala kecil, orang juga sudah mulai memilah sampah dan sudah merasakan manfaat dari memilah sampah itu sendiri,” tuturnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :