Disdikpora Kudus: Pendaftaran Masuk Dapodik Dibuka, Begini Aturannya

oleh -241 kali dibaca
Foto : ilustrasi

Kudus, isknews.com – Untuk memenuhi kebutuhan guru disekolah, Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus membuka pendaftaran ke Dapodik untuk guru tidak tetap (GTT) atau guru wiyata.

Kepala Disdikpora Kudus, Harjuna Widada melalui Kasi Kurikulum Afri Shofianingrum mengatakan dibukannya kembali pendaftaran guru tidak tetap ke dapodik ini setelah tahun 2017 lalu ditutup. Dan aturannya tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Kalau dulu pihak sekolah sendiri bisa langsung mendaftarkan para guru wiyata maupun GTT nya ke dapodik. Namun untuk tahun ini, pendaftaran masuk dapodik akan dilakukan oleh Dinas,” jelas Afri Senin (4/4/2022).

Sebelumnya, lanjut Afri, Disdikpora Kudus telah mengadakan rakor bersama Korwil, untuk melakukan pendataan ulang terhadap guru tidak tetap (GTT) yang belum masuk dalam dapodik.

“Dengan dibukannya kembali pendaftaran GTT ke dapodik, adalah untuk menghitung kebutuhan pada guru disetiap sekolah masing – masing. Kemungkinan pendaftaran ke dapodik akan dibuka lagi setelah SK PPPK (khusus guru) turun.  Dengan begitu ketika akan dilakukan pendataan terkait kebutuhan akan guru  dapat diketahui secara pasti,” terangnya.

Dia juga meminta kepada kepala sekolah agar fair dan jujur dalam memberikan data GTT disekolahnya.

“Jangan sampai GTT yang sudah bekerja cukup lama malah belum dimasukkan kedalam dapodik,” ujarnya.

Selain itu, GTT yang nantinya didaftarkan ke dapodik harus lulusan pendidikan tinggi linier. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :