Dispertan Pangan Ajak Para Petani Gunakan Pupuk Organik

oleh -200 views

Kudus, isknews.com – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus tidak hanya sekedar mengajak para petani untuk menggunakan pupuk organik. Namun juga akan menyalurkan bantuan pupuk organik hayati cair (POHC) guna membiasakan para petani memakainya.

“Hal ini sebagai upaya solusi terkait berkurangnya alokasi pupuk bersubsidi,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kudus, Catur Sulistiyanto, Selasa (4/5/2021).

Fasilitasi program dari Kementerian Pertanian RI ini langsung ditindaklanjuti cepat dengan pendataan usulan dari para poktan Gapoktan melalui penyuluh pertanian pada masing-masing wilayah desa binaan seluruh kabupaten Kudus.

Seperti dilaksanakan penyuluh pertanian BPP Kecamatan Kaliwungu wilayah binaan desa Papringan, Ariyanto. Berkoordinasi untuk pengisian form usulan pengajuan POHC untuk semua poktan didesanya. Pada Desa Gamong, penyuluh pertanian Ahmad Marzuki bertemu dengan ketua poktan Sumber Rejeki.

Penyuluh Zunita Nurul Fitri berkoordinasi dengan Gapoktan Madya Tani Prambatan Lor dan Gapoktan Barokah Desa Prambatan Kidul. Pada wilayah Kecamatan Mejobo dan kecamatan lainnya, para penyuluh pertanian berkoordinasi baik dengan ketua Gapoktan maupun ketua poktan untuk menyampaikan form pengusulan kebutuhan POHC. Kuota lahan satu hektar adalah 4 liter. (AJ/YM))

KOMENTAR SEDULUR ISK :