Dispertan Pangan Kudus Edukasi Pelatihan Pengolahan Hasil Perikanan

oleh -384 kali dibaca
Foto: istimewa

Kudus, isknews.com – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus menggelar pelatihan untuk pengolahan hasil perikanan di aula kantor dinas, Selasa (16/3/2021).

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo itu sebagai pembinaan mutu dan keamanan hasil perikanan bagi usaha pengolahan dan pemasaran skala mikro dan kecil. Sasaran kegiatan selain pelaku usaha perikanan adalah para ibu-ibu PKK dari 10 desa.

“Kegiatan ini bagus sekali untuk ibu-ibu dan para pelaku usaha perikanan. Sehingga bisa meningkatkan kualitas produk bagi UKM dan meningkatkan konsumsi ikan pada keluarga bagi ibu-ibu PKK ,” kata Mawar Hartopo saat menyampaikan sambutan.

Mawar Hartopo menceritakan bahwa dirinya dan keluarga suka mengkonsumsi ikan. Bahkan setiap hari menu makanan di rumahnya tidak pernah meninggalkan ikan sebagai lauk. Oleh karena itu, dipesankan pada pelaku usaha atau UKM pengolah hasil perikanan agar semakin meningatkan kualitas produk. Sehingga konsumen akan terus membeli dan menjadi pelanggan.

“Jangan sampai olahan ikan tapi lebih banyak tepungnya. Isi ikannya kuecil. Ini karena juga pengalaman saya pribadi. Sekali lagi, kami memberikan apresiasi pada Pak Catur ( Kepala Dinas Pertanian dan Pangan) karena sudah menyelenggarakan pelatihan ini. Kalau semakin banyak ibu-ibu pandai mengolah ikan untuk konsumsi keluarga, maka stunting di Kudus akan menurun. Saya tidak ingin stagnan, tapi menurun jumlah stunting ,” pesannya.

Selain itu, Mawar Hartopo juga mengajak ibu-ibu untuk memaksimalkan halaman atau pekarangan di rumah masing-masing untuk menanam sayuran. Misalnya, menanam cabai atau lainnya. Sehingga anggaran belanja kebutuhan dapur berkurang. Apalagi saat ini harga cabai sedang sangat mahal.

“Kalau tidak punya pekarangan, bisa menanam di tabulampot (polybag). Jadi, anggaran untuk belanja dapur berkurang dan bisa disimpan. Sebentar lagi lebaran, bisa untuk beli baju baru atau gamis,” cetusnya.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kudus, Catur Sulistiyanto, menyampaikan bahwa pihaknya tidak hanya melakukan pendampingan pada petani dan pelaku budidaya perikanan. Namun juga memberikan pelatihan pengolahan paska panen hasil pertanian.

“Karena itu Dinas Pertanian dan Pangan tidak terlepas dari (ibu-ibu) PKK. Bila disini pengolahan hasil perikanan yang dilaksanakan melalui bidang Perikanan, maka pada Bidang Ketahanan Pangan mengadakan pelatihan pengolahan pangan berbahan lokal. Sehingga ibu-ibu bisa membuat makanan berkualitas untuk keluarga. Selain itu juga bisa untuk wirausaha,” kata Catur Sulistiyanto saat menyampaikan sambutan. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :