Dispertan Pangan Kudus Tambah Pendampingan ke Petani Non Poktan

oleh -397 kali dibaca
Foto: Istimewa

Kudus, isknews.com – Program Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus tahun anggaran 2021 tidak hanya melaksanakan pendampingan petani yang tergabung dalam poktan – Gapoktan.

Namun juga akan melakukan pendampingan pada para kelompok tani diluar tersebut terutama kalangan milenial. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus, Catur Sulistiyanto S.Sos MM saat sambutan Rapat koordinasi tanaman pangan dan hortikultura TA 2021 di aula dinas, Rabu (10/03/2021).

Rakor ini diikuti Kabid Tanaman Pangan Perkebunan, Dewi Masitoh dan Kasie Tanaman Pangan, Arin Nikmah serta seluruh koordinator BPP – Penyuluh Pertanian. “ Saat ini petani ada yang ikut gabung ke poktan- Gapoktan dan tidak gabung. Yang tidak gabung ini ada mandiri dan membuat kelompok sendiri sesuai dengan komoditi masing-masing.

Seperti saya kemarin diundang kelompok petani milenial gerbang tani. Mereka diluar poktan gapoktan yang teregistrasi kementan RI, tapi hasil produksi mereka bagus. Jadi, kedepan untuk penyuluh dan koordinator BPP agar datang ke mereka.

Sehingga mereka merasakan kehadiran pemerintah ,” kata Catur Sulistiyanto. Perluasan program pendampingan ini tidak terlepas dari evaluasi hasil kegiatan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kudus mendampingi Plt Bupati Kudus HM Hartopo bertemu dengan para kepala desa di beberapa kecamatan. Disini terungkap bahwa nyaris tidak ada keluhan pelayanan terkait dengan pertanian oleh para petani yang diwakili para kepala desanya.

“Sehingga program pendampingan petani pada poktan gapoktan kita sudah berhasil. Oleh karena itu mulai tahun 2021 ini kita berikan perhatian ke kelompok-kelompok tani non Poktan- gapoktan. Terutama pada petani milenial yang melakukan pertanian dengan teknologi. Jadi sekali lagi untuk semuanya, apabila menemukan aktifitas pertanian di wilayah binaan masing-masing. Kita bermitra, bersinergi untuk memajukan dunia pertanian di Kudus,” harapnya. (AJ/YM))

KOMENTAR SEDULUR ISK :