Dispertan Pangan: Saat ini, Pembudidaya Perikanan Bisa Dapatkan Benih dari Kudus Sendiri

oleh -574 kali dibaca
Foto: istimewa

Kudus, isknews.com – Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan Pangan) Kabupaten Kudus mengungkapkan bahwa saat ini para pembudidaya perikanan bisa mendapatkan benih ikan dari Kudus sendiri. Sebab untuk pembenihan ikan konsumsi dilaksanakan di BBI Hadipolo dan benih ikan hias terdapat di BBI Margorejo.

“Untuk pembudidaya ikan konsumsi, di BBI Hadipolo ada benih ikan lele dan Nila. Kalau di BBI Margorejo ini ikan hias terutama jenis Koi. Ikan hias ini terutama yang warna polos ya bisa untuk di konsumsi, tapi kan sayang kalau ikan hias kok di makan,” gurau Sunardi saat meninjau budidaya ikan hias di BBI Margorejo pada Dinas Pertanian dan Pangan kudus, Rabu (14/07/2021) siang.

Berdasarkan datanya, lanjut Sunardi, di Kudus saat ini selain banyak pembudiaya perikanan juga terdapat kelompok pengolah dan pemasar ikan. Sehingga untuk ketersediaan ikan konsumsi sudah terolah juga tercukupi dari dalam wilayah Kudus sendiri.

Selain memotivasi pertanian tanaman pangan, Dispertan Pangan Kudus juga akselerasi perikanan budidaya baik ikan hias maupun ikan konsumsi.

“Jadi ketahanan pangan kita selain tanaman pangan dan daging ternak, juga memotivasi untuk penyediaan perikanan konsumsi. Sebab dengan konsumsi ikan maka memberikan protein non kolesterol. Ini bisa menjaga imun tubuh ,” terang mantan Kepala UPT Balai Benih Ikan (BBI) itu. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :