Diterjang Ombak Besar Sebuah Kapal Tenggelam

oleh
Foto: ABK KM Bintang Sinar Rejeki yang diselamatkan ke Karimunjawa, Kamis (22-3-2018). (istimewa).

Jepara, ISKNEWS.COM – Sebuah kapal motor (KM) Bintang Sinar Rejeki asal Pekalongan tenggelam di perairan utara Jateng, Kamis (22-03-2018) dinihari. Kapal yang berawak 29 orang itu tenggelam diduga lantaran terjangan ombak besar. Dari 29 ABK itu, sebanyak 27 orang berhasil diselamatkan dan dua sisanya belum diketahui nasibnya. 17 orang diselamatkan ke Karimunjawa, sedangkan 10 orang diselamatkan di Pantai Pailus Desa Karanggondang, Kecamatan Mlonggo.

Berdasarkan data yang dihimpun, KM. Bintang Sinar Rejeki itu sedianya berlayar mencari ikan dari Pekalongan ke Banyuwangi, Jawa Timur. Akan tetapi, sesampainya di perairan utara Demak, kapal tersebut dihantam ombak besar sehingga kran pembuangan air terlepas yang menyebabkan air mulai masuk ke kapal hingga akhirnya kapal tenggelam di sekitar 10 mil laut dari PLTU Tanjung Jati B Jepara.

TRENDING :  Terpeleset Saat Hendak Ambil Bola Kasti, Siswa SD Di Temulus Tewas Tenggelam
Foto: ABK KM Bintang Sinar Rejeki yang diselamatkan ke Karimunjawa, Kamis (22-3-2018). (istimewa).

Sepuluh ABK yang diselamatkan di Jepara yakni Turah, Agus Saiful, Budi Setiawan, Sanadi, Sutrisno Alsaeron, Ahmad Ridho Zabidin, Kasdu, Ali Fahmi, Muhamad Adib Pandia dan Suratman. Sedangkan 17 ABK yang diselamatkan kapal Jasa Samudra ke karimunjawa yakni Rudi Baskoro, Mahmuri, Nurjono, Budi Santoso, Kirom, Ahmad Sodikin, Sukirno, Widodo, Faidur Rohman, Khoirul Riswanto, Suwono, Fahrudi Prasojo, Cahyono, Rasmono, Haryanto, Andreas dan Suroso. Sementara dua ABK yang belum diketahui keberadannya yakni Darsono dan Sutomo. “ABK ini nanti akan kita pulangkan ke daerah asalnya di Pekalongan,” kata Kepala BPBD Jepara, Arwin Noor Isdiyanto.

TRENDING :  BPBD Bersama TNI Terus Lakukan Pembersihan Reruntuhan Pohon Tumbang

Kapolsek Karimunjawa, Iptu Suranto mengungkapkan, 17 ABK yang diselamatkan kapal menuju Karimunjawa berada di jarak sekitar 17 mil dari Pulau Mandalika, Jepara. Setelah sampai di Karimunjawa, semuanya dibawa ke kantor balaidesa Karimunjawa. “Berdasarkan keterangan korban, kapal tersebut berisi 20 ton solar dan 120 ton ikan,” katanya saat dihubungi.

TRENDING :  Kapal Asal Jakarta Kandas di Perairan Karangkapal Karimunjawa

Sementara itu, Kasdu, Nahkoda Kapal KM Bintang Sinar Rejeki menyebut, kapal mulai kemasukan air sekitar pukul 03.00 WIB dan satu jam kemudian kapal tenggelam. “Semua ABK kemudian berusaha menyelematkan diri dengan mengapung menggunakan kayu yang diikat dengan tali. Namun tali terlepas sehingga terpisah.” katanya. (ZA/RM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :