Ditinggal Nyapu Halaman Dapur Rumah Dono Hangus Terbakar

oleh -1,063 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Peristiwa musibah kebakaran pagi tadi melanda sebuah rumah yang berada di Perum Conge gang 2 Desa Ngembalrejo RT 5 RW II Kecamatan Bae Kudus, Rumah milik Dono (48) yang pada pagi itu sekitar pukul 06.00 WIB nampak asap mengepul tebal dari atap bangunan dapur miliknya, Senin (29/5/17).

Kronologi kebakaran pada sekitar pukul 05.30 WIB Dono sedang memasak air dengan menggunakan tungku, kemudian yang bersangkutan meninggalkan dapur untuk menyapu dan bersih-bersih halaman depan rumahnya, tiba-tiba terlihat asap sudah mengepul dan api membakar atap dapur rumah bagian belakang dan api di duga berasal dari kebakaran kayu yang menjalar dari tungku berbahan bakar kayu ketika memasak air, dengan tungku tersebut.

Menurut Sudarmadji, (61) tetangga korban, ketika itu dirinya sedang duduk di teras rumah dan melihat ada kepulan asap dan keluar api pada bagian atap belakang rumah bapak Dono, lalu dirinya berteriak  meminta tolong warga setempat, karena pada saat itu warga setempat banyak yang belum melaksanakan aktifitas kerja.

“kemudian saya berinisiatif menghubungi kantor BPBD Kab. Kudus untuk meminta bantuan mobil pemadam kebakaran,” ujarnya.

“Tak berapa lama dua buah  mobil pemadam kebakaran dari BPBD Kab. Kudus tiba dilokasi kebakaran dan selanjutnya membantu pemadaman api yang sedang menyala di bagian atap dapur rumah pak Dono, tambahnya.

Selang beberapa menit kemudian warga bersama pasukan pemadam kebakaran berhasil menjinakkan api yang melanda rumah Dono..

Dalam musibah tersebut tidak terdapat korban jiwa namun kerugian diperkirakan mencapai dua juta rupiah untuk atap dapur rumah Dono yang hangus.

Penyebab kebakaran dapur rumah diduga diakibatkan kurangnya pengawasan pada saat memasak air karena kayu bakar dari tungku tersebut jilatan apinya sempat menjalar ke samping tumpukan kayu yang dijadikan cadangan kayu bakar sehingga api jadi besar dan melahap sebagaian dapur rumah Dono. (YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :