Diukur Ulang BPN, Tanah milik Kejari Kudus Bertambah Luasnya, Kok Bisa?

oleh -1,842 kali dibaca
Gedung Kejaksaan Negeri Kudus

Kudus, isknews.com – Tanah milik Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Kudus dilakukan pengukuran ulang oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kudus pada Oktober 2021 lalu.

Kepala Kejari Kudus Ardian mengatakan jika pihaknya sebelumnya melihat ada kejanggalan pada tanah Kejari yang berbatasan dengan Kodim 0722/Kudus di sisi barat dan Kantor Pos di sisi timur.

Setelah dilakukan pengukuran, Luas Kantor Kejari yang berada di Jalan Jenderal Sudirman Kudus itu bertambah puluhan meter.

“Ada penambahan sekitar 37 meter. Pada tahun 1980 lalu itu ukurannya 2.980 meter persegi, kini menjadi 3.017 meter persegi. Penambahannya paling banyak ada disisi timur depan, ada juga disisi belakang,” katanya saat ditemui wartawan, Kamis (11/11/2021).

Dikatakan Ardian, meski ada penambahan luas tanah, sambung dia, namun tidak mengurangi luas bangunan baik di timur dan juga di bagian baratnya. Karena-nya, Kejari Kudus kini telah memiliki sertifikat terbaru dengan luas pengukuran oktober 2021.

Sementara Kepala BPN Kudus Pratomo Adi Prabowo menjelaskan jika hal itu tidak masalah, lantaran pengukuran tanah waktu dulu masih menggunakan cara manual, sehingga tingkat akuratnya kurang.

“Dulu masih menggunakan cara manual, jadi human error-nya masih tinggi. Kalau sekarang sudah pengukuran sudah pakai digital,” terangnya.

Meski begitu, perubahan ukuran tanah tersebut tidak mengurangi lokasi tanah yang berbatasan dengan tanah tersebut. Kemudian, ada persetujuan oleh seluruh pemilik tanah yang berbatasan.

“Jadi kalau kami analisa teknik perhitungan luas yang dulu, batas tanahnya itu tidak lurus. Ukuran luas tanah di Kodim atau Kantor Pos juga tidak berkurang, kini sertifikat tanah terbaru milik kejari Kudus telah kami serahkan pada hari ini, Kamis (11/11/2021),” pungkasnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :