Dolanan pasaran

oleh -1.342 kali dibaca

Indonesia adalah negeri yang kaya dalam berbagai hal, terutama kaya akan warisan budaya nenek moyang yang turun dari generasi ke generasi. Salah satunya permainan anak, orang Jawa biasa menyebutnya dolanan. 

Dolanan adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kebudayaan. Masing-masing daerah mempunyai permainannya sendiri, ada permainan yang memang berbeda dengan daerah lain, ada juga yang sama namun berbeda namanya. 

Contohnya pasaran atau liwet-liwetan, pasaran ini terbuat dari tanah liat dengan berbagai bentuk menyerupai peralatan dapur dan diberi cat warna-warni hingga anak-anak tertarik dengan mainan itu. permainan ini sudah mulai jarang ditemui dizaman modern.

Liwet-liwetan atau pasaran merupakan salah satu permainan yang ada di Indonesia, khususnya di daerah Jawa. Permainan ini dimainkan oleh anak perempuan. Pasaran sudah ada sejak zaman dahulu dan diturukan dari generasi ke generasi. 

Pasaran adalah permaian yang menirukan aktivitas wanita dewasa dan aktivitas jual beli seperti di pasar. Mereka mengetahui pasar karena sering diajak oleh orang tuanya, permainan pasaran ini sebagian anak kecil pernah merasakannya.

KOMENTAR SEDULUR ISK :