Dorong Wirausahawan Lokal, KKN-IK IAIN Kudus Sosialisasikan Marketing Produk

oleh -922 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Sejumlah pedagang berjualan di area wisata Gardu Pandang Ternadi. Berbagai macam makanan dan minuman diperjualkan para pedagang di warungnya masing-masing. Produk buatan sendiri juga turut diperjualkan, terutama kopi merupakan salah satu produk lokal yang banyak diproduksi dan dibanggakan warga Desa Ternadi.

Melalui peluang yang ada, Sabtu (25/10) Mahasiswa KKN-IK Ternadi 2 memberikan sosialisasi kepada pedagang mengenai cara labelling dan marketing yang baik agar dapat menarik minat pembeli. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan produk lokal buatan warga sendiri dan menguatkan skill wirausahawan warga Desa Ternadi.

Para pedagang diajari Mahasiswa KKN cara mengemas dan membuat stiker label untuk produk yang dibuat, mulai dari pemilihan kemasan, pemilihan nama produk dan pilihan kata yang tepat hingga cara mendesign stiker yang menarik. Dalam hal pemasaran juga disarankan untuk mambuat media sosial sebagai bentuk promosi digital untuk memudahkan transaksi jual beli.

Kopi Ternadi Ibu Tinah

Salah satu pedagang yang dibuatkan sampel labeling produk kopi buatan sendiri Ibu Tinah mengungkapkan rasa gembiranya kepada Tim KKN “Saya senang Mbak, produk saya bisa dibuatkan stiker label dan dikemas di plastik seperti ini, terima kasih ya Mbak,” ungkap Ibu Tinah.

Ketua KKN-IK IAIN Kudus Ternadi 2 Muhammad Zaim Alfaqih berharap kegiatan ini dapat membantu warga Desa Ternadi terutama wirausahawan di sana. Menurut Zaim, melalui kegiatan ini nantinya wirausahawan Desa Ternadi bisa memilih kemasan yang tepat, memberikan stiker label pada produknya dan memasarkan produknya dengan baik.

KOMENTAR SEDULUR ISK :