DPUPR Kudus Terus Kebut Perbaiki Jalan Rusak Dampak Hujan dan Banjir

oleh -845 kali dibaca
Pekerja saat melakukan perbaikan penambalan jalan rusak di salah satu ruas jalan di Kudus (Foto: istimewa)

Kudus, isknews.com – Tindaklanjut atas perbaikan jalan rusak pada sejumlah ruas jalan di Kabupaten Kudus yang diakibatkan karena tergerus banjir dan curah hujan tinggi yang hampir selama lebih dari sebulan mengguyur kota kretek, bahkan menimbulkan genangan banjir disejumlah titik.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kudus, Arief Budi Siswanto mengatakan telah melakukan sejumlah perbaikan jalan – jalan yang rusak di Kabupaten Kudus. Apalagi mengingat kondisi cuaca saat ini yang sudah mulai bersahabat untuk dilakukan perbaikan.

Curah hujan di wilayah Kabupaten Kudus sudah mengalami penurunan dibandingkan sebelumnya. Sehingga pihaknya akan melakukan perbaikan jalan di jalan-jalan yang mengalami kerusakan akibat curah hujan yang tinggi.

“Karena saat ini intensitas cuaca sudah agak turun, kita upayakan untuk menambal lubang-lubang yang ada di jalan supaya masyarakat tidak terdampak terlalu parah” kata Arief.

Selain karena curah hujan, kerusakan yang terjadi juga disebabkan oleh banyaknya kendaraan berat yang melintas melebihi muatan yang semestinya.

“Terutama tonase kendaraan yang diatas lima ton ini sering melintas ke arah kota, inimengakibatkan terjadi deformasi penurunan kualitas jalan, karena maksimal yang boleh lewat itu tiga ton” ungkapnya.

Jalan yang akan dilakukan perbaikan terlebih dahulu yakni di sepanjang jalan Jenderal Sudirman hingga di area jalan raya di desa Dersalam, kecamatan Bae, Kabupaten Kudus.

“Ini kita upayakan sepanjang jalan jendral sudirman hingga umk dersalam karena kondisi cuaca memungkinkan, kita sekarang sudah mulai lakukan penambalan dan perbaikan disana” ucapnya.

Terkait jumlah titik mana saja yang akan dilakukan perbaikan, nantinya akan menyesuaikan dengan kondisi yang ada di lapangan.

“Kita kondisional untuk beberapa kilometer target karena kita upayakan untuk menutup yang rusak-rusak parah dahulu” jelasnya.

Hal ini karena sudah mulai banyak keluhan dari masyarakat terkait lubang jalan di wilayah Kabupaten Kudus.

“Banyak keluhan yang muncul itu di sekitaran jalan lingkar dan sepanjang desa Ngembal sampai kabupaten Pati, dan itu sudah kita koordinasikan dengan balai besar wilayah jalan untuk penangannya yang mana” tandasnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :