Dua Ibu Guru Bule Asal AS Mengajar Di SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus

oleh -1,343 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Sejumlah siswa-siswi SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus, pagi tadi tampak berjajar rapi di depan kampus sekolah mereka dengan berseragam pencak silat Tapak Suci berwarna merah berstrip kuning, sambil mengibar-ngibarkan bendera kecil merah putih dan bendera Amerika Serikat, anak-anak tersebut rupanya sedang menyambut kehadiran tamu istimewa mereka, dua orang guru asal Amerika Serikat yang akan praktik mengajar di sekolah yang dikenal sarat prestasi akademiki ini. Rabu (26/7/17).

Ya SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus yang berada di Gang 10 Kelurahan Mlatinorowito Kudus pagi tadi menyambut kedatangan dua orang tamu yang juga merupakan pengajar atau guru elementary school di Negeri Paman Sam, mereka berdua adalah Elicia Blackford dari California dan Kathrin Boyens dari Illinois Amerika Serikat, Keduanya merupakan guru yang sedang mengikuti program Teacher Global Classroom (TGC), sebuah program besutan kementerian luar negeri (secretarry of state) AS, atau lebih di kenal sebagai program pelatihan bagi guru-guru di Amerika Serikat untuk praktik mengajar di luar negeri.

Dengan tajuk “Visit of Friendship between Indonesia anda USA, Muhammadiyah Birrul Walidain Elementary School Kudus” kedua tamu asing tersebut disambut suka cita oleh siswa-siswi dan ustad serta ustadzah sekolah tersebut.

Menurut Sri Murtiyani, host yang sekaligus pemandu lokal mereka, “Sekolah ini dipilih karena dianggap layak dan sesuai standard mereka serta memiliki jam kelas mirip Full Day dan banyak prestasinya,” ujar Sri yang juga guru SMA Negeri 2 Bae.

Ditambahkan oleh Sri, “Program ini adalah sebagai bentuk kerjasama balasan dari Program ILEP (International Leader and Education Program) yang telah dia jalani sebelumnya ketika praktik mengajar di AS dan Di Kudus ini di SD Muhammadiyah Birrul Walidain, keduanya dijadwalkan akan mengajar sekitar 10 hari tentang praktik bahasa inggris dan aktifitas belajar lainnya, selanjutnya keduanya akan kembali ke Jakarta melanjutkan aktifitas TGC lainnya,” tuturnya.

Sementara itu Ustad Jamal, kepala sekolah SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus, dalam sambutannya dirinya menyatakan gembira dan senang menerima kehadiran dua orang guru asing yang akan praktik mengajar di sekolah mereka, “ini merupakan program guru asing yang ketiga, sebelumnya pernah hadir di sekolah kami guru dari, Polandia dan India, intinya kami senang dan anak-anak pun jadi senang memiliki pengalaman baru berinteraksi dengan guru-guru dari berbagai belahan dunia,”. ujar Ustad Jamal.

Kehadiran dua orang guru asing itu disambut dengan tarian Tari Kretek dan perkenalan serta dialog yang dilakukan oleh siswa-siswa SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus dengan bahasa Inggris,  Elicia (30) dan Kathrin (32) pun mengaku senang dan gembira bisa mengajar di sekolah yang sangat bagus dan siswa siswanya menarik dan ramah. (YM)

 

KOMENTAR SEDULUR ISK :