Dua Pelajar MAN 1 Kudus Ciptakan Alat Pembasmi Bau Kandang Peternakan

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Dua pelajar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kudus menciptakan teknologi penghilang bau peternakan, alat itu diberi nama Daguku (Daun nanas, tongkol jagung, dan kulit pisang kepok).

Keduanya (siswa penemu Daguku) merupakan siswa kelas X, yakni Rima Destriani dan Dhea Puspitasari.

Rima menjelaskan, Daguku mempunyai sensor MQ 135, pipa paralon tempat adsorben, box elektronik berisi arduino, LCD 16×2 dan baterai, serta sensor MQ 125. Selain juga ada arang dari bahan daun nanas, tongkol jagung, dan kulit pisang kepok.

TRENDING :  HUT ke-20 Jam'iyyah Az-Zahra Kudus Hadirkan Ustadz Wijayanto

“Alat Daguku bekerja saat sensor MQ 135 mendeteksi gas amonia yang telah mencapai 15 ppm. Kemudian kipas akan berputar secara otomatis untuk mengalirkan gas amonia ke dalam arang aktif,” kata Rima saat ditemui isknews.com di sekolahnya, Senin (4/11/2019).

Temuan ini membawa mereka menyabet juara pertama Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat nasional di Universitas Sebelas Maret Surakarta 2 November lalu.

TRENDING :  H.M. Tamzil berpesan agar masyarakat tidak patah semangat menyelesaikan pendidikan

Sehingga dengan alat ini, bau busuk dari peternakan ayam bisa berkurang. Dhea dan Rima mengaku sudah mencoba alat ini di peternakan kecil di wilayahnya.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Kudus, Suhamto menyampaikan selamat untuk tim beserta pembimbingnya. Dia bersyukur atas prestasi yang telah diraih peserta didiknya.

TRENDING :  Hadapi arus mudik Lebaran Kudus Siapkan Jalur Alternatif

Lebih lanjut Suhamto berpesan, agar para siswa tetap tawadhu’ atas keberhasilan dan tidak terbuai atas prestasi yang sudah diraih. 

“Jadikan ini sebagai momen untuk berprestasi pada event-event lainnya, karena tanggal 16 November 2019 mendatang, Tim Robotik MAN 1 Kudus akan berlaga di Kompetisi Robotik Madrasah Tahun 2019 di Surabaya. Semoga mampu mempertahankan prestasi tahun sebelumnya sebagai Juara 1 Kompetisi Robotik Madrasah,” harapnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :