Evaluasi FKDM Dalam Menjaga Kondusifitas Wilayah

oleh -511 kali dibaca
Kudus- Puluhan anggota FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat) Kabupaten Kudus mengikuti evaluasi program kerja di ruang Auditorium Balai Desa Rendeng Kecamatan Kota, Kamis 11/12. Evaluasi yang diselenggarakan oleh pihak Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kudus bertujuan untuk mendorong elemen masyarakat dalam melakukan deteksi dini dan cegah dini temu cepat serta lapor cepat terhadap permasalahan yang dapat menimbulkan konflik di masyarakat.

Djati Sholechah,S.SOS,MM, Kepala Kesbangpol Kabupaten Kudus mengatakan bahwa Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat yang sudah terbentuk pada tanggal 23 Mei 2013 rencana kedepannya akan dilanjutkan pembentukan ditingkat Kecamatan.

Penyelenggaraan kewaspadaan dini masyarakat ini menjadi tanggung jawab masyarakat, sedangkan pemerintah wajib untuk memfasilitasi. ”Oleh karena itu peran FKDM menjadi sangat penting, artinya apabila tugas dan pekerjaan FKDM tersebut dapat berjalan dengan baik dan ditindaklanjuti oleh pemerintah, maka hal tersebut dapat mencegah terjadinya ancaman keamanan maupun bencana, sehingga dapat menyelamatkan masyarakat atau paling tidak, ancaman maupun bencana tersebut dapat diantisipasi dan diminimalisir, sehingga tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar,” Ujarnya.

@Rya/John

KOMENTAR SEDULUR ISK :