Fasilitasi Petani dan Konsumen, Dispertanpangan Kudus Resmikan Toko Mitra Tani

oleh -491 kali dibaca
Foto : Dokumentasi Dispertanpangan Kudus.

Kudus, isknews.com – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus meresmikan pembukaan Toko Mitra Tani Indonesia, Jumat (09/04/2021).

Dibuka langsung Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus, Catur Sulistiyanto, pihaknya berharap toko tersebut mampu menekan harga ke konsumen namun tidak merugikan petani. Sehingga diterapkan slogan “ Petani Senang, Konsumen Riang, Berkah untuk Semua”.

“Kami sering ditanyakan kapan pasar hasil tani di halaman Dinas Pertanian dibuka kembali. Ini karena branding kita sudah mengena di masyarakat dan memberikan manfaat juga. Namun karena masa pandemi ini belum memungkinkan untuk dilaksanakan kembali. Sebagai alternatif untuk belanja hasil pertanian, nanti bisa kesini (Toko mitra tani) untuk membeli sembako. Biasanya ibu-ibu seperti pengalaman di pasar tani sebelumnya, harga berbeda sedikit saja langsung pindah ke harga yang lebih murah ,” kata Catur Sulistiyanto dalam sambutannya.

Usai memotong tumpeng bersama, dilanjutkan dengan kunjungan ke toko mitra tani yang berada di belakang kantor Bidang Ketahanan Pangan pada Dinas Pertanian dan Pangan Kudus.

Ari Mulyani, Kabid Ketahanan Pangan, menambahkan bahwa harga di Toko Mitra Tani ni lebih rendah dari harga pasar karena mendapatkan suplay langsung dari para petani binaan dinas.

“Beberapa komoditi harganya berbeda antara 500-an rupiah dibawah pasar. Ini memang untuk memotong mata rantai pasar hasil pertanian. Jadi, petani tidak dirugikan meski kami menjual dibawah harga pasar. Karena kami tidak mencari untung, tetapi memfasilitasi petani dan konsumen,” terang Ari Mulyani. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :