Festival Dolanan Bocah, Menjadi Harapan Dolanan Tempo Dulu Tak Terlupakan

oleh -1,066 kali dibaca

Surakarta, isknews.com – Dolanan bocah saat ini sangat berbeda dengan dolanan (permainan anak – anak )  5 -10 tahun silam. Dulu dolanan (mainan) anak – anak diantaranya yaitu engklek, dampu, lompat tali,betengan, gobak sodor, jamuran, dakon dll. Waktu berganti, teknologi semakin maju dan gaya hidup pun berubah sehingga dolanan zaman dulu juga sudah mulai terlupakan.

 

Karena alasan tersebut, Kesbangpol  Bidang Kesenian dan Budaya Jawa Tengah menyelenggarakan Festival Dolanan Bocah 2015 di Hotel Syari’ah Surakarta pada tanggal 4 – 5 November 2015. Peserta yang ikut terlibat dalam acara ini sekitar 70 peserta yang merupakan  siswa – siswi SMA Eks Karisidenan Surakarta.

 

Acara ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Kesbangpol Jateng. Di acara ini ditampilkan berbagai doalanan bocah zaman dulu seperti Grobak sodor, dakon, dan egrang estafet, di acara ini  juga ada permainan masa kini yang banyak digandrungi anak – anak sekarang  seperti playstasion,. Adanya permainan zaman dulu dengan zaman sekarang itu dibuat pembanding bagaimana permainan dulu, manfaatnya, dan serunya dibanding permainan sekarang yang rata – rata berkutat pada gadget .

 

“Tujuan dari acara ini untuk memperkokoh jati diri dan meningkatkan kemandirian karakter bangsa, permainan juga bisa membentuk karakter anak, jadi diharapkan anak – anak tidak terlena dengan dolanan era modern saja, namun dolanan tradisional juga masih diingat dan dimainkan sampai sekarang, karena kita tidak bisa melupakan budaya yang membentuk jati diri bangsa sekarang ini”, ujar Seksi ketahanan Kesbangpol Boyolali, Dadang.

 

Amalia Zulfana

 

 

 

 

KOMENTAR SEDULUR ISK :