Fosil Gajah Purba Ditemukan, Tim Ekskavasi Lakukan Konservasi

oleh -306 kali dibaca
Foto : istimewa

Kudus, isknews.com –  Tim ekskavasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus, dan Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran, melakukan penyelamatan fosil gading gajah purba yang ditemukan di Dusun Sudo, Desa Wangunrejo, Kecamatan Margojero, Pati.

“Ada tiga fosil gading gajah purba yang ditemukan,  panjangnya 183 cm, 145 cm dan yang paling kecil 73 cm dan fragmen kecil tulang rusa purba dipermukaan tanah. Hal itu atas laporan dari warga di Desa Wangunrejo. Kecamatan Margorejo, Pati. Lokasi penemuan jaraknya lumayan jauh, dari bentuk dan ukuranya pun berbagai macam,” kata Kasi Sejarah, Museum dan Keperbukalaan (Rahmuskala), Mitta Hermawati, Kamis (11/2/2021)

Dari ketiga fosil yang ditemukan, lanjut Mitta, dua diantaranya merupakan satu kesatuan yakni pangkal dan ujung gading gajah purbakala. Keduaanya ditemukan di dua titik dengan radius satu meter.

“Temuan tersebut bisa diakibatkan curah hujan yang tinggi yang mengakibatkan  sebagian tanah di Kawasan Situs Purbakala Patiayam terkikis. Nantinya fosil tersebut akan dilakukan konservasi dan rekontruksi penyempurnaan bentuk untuk kemudian di inventarisir,” pungkasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :