Gabung Dengan Tim Alfa Jeteng, MDMC Kudus Kirim Relawan Ke Mamuju

oleh -3 views
Sejumkah anggota relawan MDMC Jawa Tengah sebelum berangkat menuju Mamuju Sulawei Barat, berpose bersama ketua PW Muhammadiyah Jawa Tengah M Tafsir dan Ketua MDMC Jateng Naibul Umam Eko Sakti (Foto: istimewa)

Kudus, isknews.com – Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kudus, mengirimkan relawannya untuk bergabung dengan Tim alfa MDMC Jawa Tengah.

Mereka akan diberangkatkan ke Sulawesi Barat untuk aksi respon bencana di Kabupaten Mamuju dan Majene yang sedang ditimpa bencana alam gempa bumi.

Menurut wakil ketua MDMCKudus, Satriyo Yudo Budi Wicaksono, sesuai instruksi ketua Pmpinan Wilayah (PW) MDMC Jawa Tengah pihaknya diminta mengirimkan relawan bergabung dengan tim MDMC Jawa Tengah ke Sulawesi Barat.

“Satu personil kami telah kami berangkatkan ke Semarang dua hari lalu untuk briefing disana nanti  akan bergabung dengan 10 personil tim alfa MDMC Jateng dalam rangka respon gempa bumi mamuju,” ujar Satrio, Minggu (17/01/2021).

Menurutnya, pemberangkatan Tim Alfa MDMC Jawa Tengah menuju Sulawesi Barat dilaksanakan pada hari Minggu (17/1) hari ini dari markas SAR Muhammadiyah Jateng di Wonodri Semarang.

“Kemudian juga secara simbolis dilakukan pelepasan di Gedung Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jateng Jl. Singosari, Semarang. Oleh ketua PWM Jateng pak Tafsir. Mereka diproyeksikan akan berada di sana selama 14 hari,” kata dia.

Dari MDMC Kudus, dirinya menyebut mengirimkan relawan bernama Achmad Faisal yang dianggapnya sudah memiliki kualifikasi cukup untuk mengikuti kegiatan tanggap darurat berskala nasional.

“Faisal Lulusan diklat Dasar Gunung tahun 2017, Diklat madya Gunung 2018. Terakhir Diklat Instruktur SAR Muhammadiyah tahun 2020.  Kita di bagi tim, siapa ke Sulawesi, siapa ke Jawa Barat siapa ke Kalimantan termasuk juga aktifitas Merapi dan Semeru,” terangnya.

Kedatangan sejumlah Tim Relawan MDMC ke Sulawesi Barat adalah untuk bergabung dengan Tim MDMC dari seluruh Indonesia yang kini sudah berada di lokasi bencana nasional tersebut.


“Disana mereka akan berada di bawah bendera One Muhammadiyah One Response atau OMOR,”  tandasnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :