KPPL Peringati Hari Lahirnya Pancasila Dengan Gelar Aksi Tolak Tambang

oleh -1,109 kali dibaca

Pati, Isknews.com (Lintas Pati) – Ratusan pemuda yang tergabung dalam Komunitas Pemuda Pemerhati Lingkungan (KPPL) peringati hari lahir pancasila dengan menggelar aksi tolak tambang dan Pabrik Semen, selasa (1/6/17).

Peringatan hari lahir Pancasila ini di awali dengan karnaval mengendarai sepeda motor menelusuri pegunungan Kendeng Kecamatan Kayen dan Tambakromo. Semua pengndara membawa atribut bendera merah putih bahkan membuat Gambar Pancasila yang cukup besar, tak hanya sampai disitu mereka membody painting muka mereka ala Zombie..

Peringatan hari lahir Pancasila ini baru pertama kali diadakan oleh KPPL, karena melihat kondisi bangsa Indonesia yang karut-marut. Sepanjang perjalanan yang memakan waktu sampai 4 jam itu diisi dengan lagu kebangsaan pancasila dan orasi kebangsaan saling bergantian.

” Betapa pentingnya idiologi Pancasila sebagai pandangan hidup atau laku bagi masyarakat Indinesia, tapi kami berharap bukan hanya menjadi idiologi saja tapi juga harus dijalankan dalam kehidupan sehari” Jelas Ari Saputra Utama koordinator Aksi.

Sementara itu wakil kordinator aksi tersebut menuturkan, Bukan hanya sekedar orasi kebangsaan, KPPL juga menyuarakan kepedulian terhadap lingkungan khususnya ancaman tambang di Pegunungan Kendeng. Para pemuda ini sangat sadar betul pentingnya alam bagi manusia.

“perusakan alam dan ancaman tambang memang sangat berbahaya bagi keberlangsungan hidup manusia. Maka dalam hari lahir pancasila ini, kami berharap pada para pemegang kekuasaan diperintahan tolong jalankan sila Kemanusian yang adil dan beradab, sebab sejauh ini tambang akan tetap menjadikan ketimpangan hidup masyarakat” tutur Angga Saputra wakil koordinator aksi.

Bersatunya para pemuda ini diharapkan terus berkesinambungan, terus menyuarakan ketimpangan yang terjadi dimasyarakat dan siaga atas ancaman tambang. (Puguh Jarot)

KOMENTAR SEDULUR ISK :