Gelar Pasukan dan Alat, PLN UP3 Kudus, Pastikan Listrik Aman hingga Lebaran

oleh -585 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Mendekati Hari Raya Idhul Fitri 1442 H, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kudus pastikan pasokan listrik aman hingga lebaran.

Petugas teknisi PLN UP3 Kudus cek peralatan di Bakalankrapyak (foto:ym)

Manager Bagian Jaringan UP3 Kudus, Muhammad Gatri, menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan 407 teknisi selama ramadhan untuk terus siaga. Sejauh ini, pasokan listrik di Jepara, Kudus, Pati, Rembang dan Blora berada dalam kondisi aman. Meskipun ada lonjakan beban sekitar 8,5 persen.

“Di lebaran ini, kami mengalami kenaikan beban sekitar 8,5 persen. Dari semula 815 megawatt menjadi 855 megawatt,” katanya saat ditemui usai kegiatan Apel Siaga di Bakalankrapyak, Rabu (5/05).

Kendati demikian, Gatri menegaskan pasokan listrik di UP3 Kudus tetap aman. Mengingat pasokan listrik di PLN Kudus ada diangka 1.200 megawatt.

“Jika dibandingkan dengan beban tertinggi masih kita saat ini. Masih ada selisih sekitar 50 megawatt atau separonya,” katanya.

Jelang lebaran, masih kata Gatri, pihaknya juga menyiapkan 407 petugas pelayan teknik, yang akan standby 24 jam baik dengan mobil operasional maupun motor URC.

Untuk armada, disediakan 39 mobil pelayanan teknik, 24 motor, 5 kendaraan berat crane yang siaga di 31 pos jaga yang tersebar di lima Kabupaten.

“Pada hari biasa, mereka biasanya kerja pershift. Pada H-7 hingga H+7 lebaran mereka kami siagakan 24 jam,” tegas dia.

Dengan persiapan ini, pihaknya memastikan gangguan listrik selama lebaran karena faktor cuaca dan alam bisa bisa diminimalisir.

“Masyarakat tidak perlu khawatir mengenai pasokan listriknya, yang jelas gunakanlah peralatan listrik dengan bijak dan aman, jangan memperbesar MCB sembarangan,” tegasnya. (MY/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :