Gerakan Tanam 2.000 Bibit Pohon, Upaya Lestarikan Alam Gunung Muria

oleh -286 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Sebagai bentuk kepedulian terhadap pelestarian alam dan ekosistem, Komunitas peduli lingkungan Laskar Lereng Muria bersama Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Pemali Jratun dan PR Sukun melakukan gerakan tanam total 2.000 bibit pohon di Desa Soco, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Kamis (25/11/2021).

Ketua Laskar Lereng Muria Agus Riawan menjelaskan ada berbagai macam jenis pohon buah yang ditanam di desa tersebut. Seperti pohon durian, pohon kelengkeng, pohon alpukat, jambu madu deli dan pohon rambutan.

“Upaya mmembantu perekonomian masyarakat, selain kami tanam langsung juga kami bagikan kepada masyarakat desa setempat. Agar bisa ditanam di pekarangan rumah masing-masing. Sehingga saat berbuah nanti bisa dinikmati hasilnya,” ucapnya.

Sementara Ketua TP PKK Kudus, Mawar Hartopo mengajak semua yang hadir di acara itu untuk menjadikan kegiatan penanaman pohon sebagai wujud komitmen bersama dalam melestarikan alam yang sangat berguna bagi kelangsungan hidup manusia di masa yang akan datang.

“Saya berharap kegiatan ini dapat berjalan lancar dan pohon -pohon yang telah ditanam akan terus dijaga, sehingga kelestarian alam dan sumber air di Kabupaten Kudus akan tetap terjaga”, harap Mawar.

Menurut Mawar, upaya pelestarian lingkungan dan penghijauan yang dilakukan di daerah atas (lereng muria), merupakan hal yang sangat baik dan bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia, di samping manfaat dari pepohonan yang dapat mengubah karbondioksida menjadi oksigen, pepohonan juga berfungsi sebagai penahan tanah dan air pegunungan.

“Fungsi tersebut yang membuat tanah di pegunungan tidak mudah longsor dan cadangan sumber mata air dapat terjaga dengan baik sampai sekarang “. Tandasnya.

Sementara Corporate Secretary PR Sukun Deka Hendratmanto sangat mengapresiasi kegiatan gerakan menanam tersebut. Pihaknya sangat mendukung karena hal ini adalah bentuk dari tanggungjawab dan kepedulian perusahaan pada kelestarian lingkungan yang terus kita lakukan.  

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian PR Sukun dalam rangka membantu pelestarian alam dan menjaga keseimbangan ekosistem di lingkungan sekitar kita,” katanya.

Dia berharap seluruh mayarakat dapat terlibat langsung dalam pelestarian lingkungan, tak hanya itu kegiatan penanaman pohon diharapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Harapannya, kita semua dapat ikut menjaga dan merawat tanaman yang kita tanam hari ini, sehingga kedepan hal ini dapat bermanfaat tidak hanya untuk pelestarian lingkungan, namun juga dapat memberikan manfaat ekonomi bagi keluarga kita dan anak cucu kita,” terangnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :