Gudang Es Krim Mijen Kaliwungu Terbakar Hebat, 3 Jam Damkar Jinakkan Si Jago Merah

oleh

Kudus, isknews.com – Sebuah gudang pabrik es krim di Jalan Lingkar Barat RT 08 RW VI Desa Mijen Kecamatan Kaliwungu, Kudus terbakar hebat. Bahan dalam gudang yang mudah terbakar serta kencangnya angin, membuat petugas pemadam kebakaran sulit untuk menjinakan si jago merah, Selasa (16/06/2020).

Tak hanya itu, lokasi gudang yang berhimpitan dengan pemukiman, membuat petugas harus ekstra dalam menjaga kobaran api agar tak merambat ke rumah warga yang berhimpitan dengan lokasi. 7 armada pemadam kebakaran di kerahkan untuk menghentikan laju kobaran api.

TRENDING :  589 Rumah di Pati Terendam Banjir

Menurut Hardi Cahyana, fire chief pemadam kebakaran Djarum, lokasi yang berada di dalam membuat akses pemadam kebakaran susah untuk menjangkau titik api, petugas pemadam kebakaran masih berupaya menjinakan api agar tidak menjalar ke rumah warga.

“Api diduga berasal dari panasnya suhu di dalam gudang yang membuat tumpukan busa memuai dan terbakar atau korseleting listrik didalam gudang tersebut. Gudang dari pembuatan es krim disitu materialnya strefoam dan juga mesin freesher pendingin yang di simpan di gudang tersebut,” ujarnya, Selasa (16/06/2020).

TRENDING :  SIDAK ESDM HENTIKAN KEGIATAN PENAMBANGAN TAK BERIJIN
Petugas damkar, aparat TNI dan Polri berjibaku padamkan kebakaran gudang es krim di Mijen Kaliwungu Kudus (Foto: YM)

Menurutnya, kendala sulitnya pemadaman adalah akses lewatnya yang hanya satu jalur, sementara akses  dari tetangga sebelah tidak bisa dijangkau.

“Saat ini kita bagi menjadi dua tugas memadamkan gudang dan mengamankan rumah yang yang ada di tetangga sebelah,” terang Hardi.

Seorang karyawan pabrik es krim mengaku api muncul sekira pukul 14.30 wib  saat dia melihat adanya kebakaran, dirinya mencoba lari kebawah dan membawa Apar, tapi ternyata apinya terlalu besar.

TRENDING :  Gudang Sak Bekas Di Desa Mijen Kaliwungu Ludes Terbakar

“Lalu langsung saya memanggil pemadam kebakaran. Sebenarnya tidak ada kegiatan apapun di gudang  itu, karena tertutup dan terkunci. Tidak ada keluar masuk, digudang  isinya campur,  ada freesher bekas, ada busa stereofoam dan ada mesin juga,” katanya.

Kencangnya angin dan bahan dalam gudang yang mudah terbakar menjadi kendala tersendiri dalam menjinakan si jago merah. Butuh 3 jam dan tujuh pemadam kebakaran api baru bisa padam.

Hingga kini penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak berwajib, akibat kebakaran kerugian di taksir mencapai lebih dari seratus juta rupiah. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :