Guru PAI di Kudus Ikuti Workshop ‘Pembuatan RPP di Aplikasi’, Sanusi: Semakin Dipermudah

oleh -208 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (DPD AGPAII) Kabupaten Kudus menggelar workshop Penyusunan RPP 3 Komponen berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi RPP AGPAII Digital, baru-baru ini di Gedung Pusat Belajar Guru (PBG) Kudus, Mlatinorowito Gang 6, Rabu (4/3/2020).

Dalam penyusunan RPP, menurut Sanusi Ketua DPD AGPAII Kabupaten Kudus, guru dalam menyusun RPP tidak perlu mengetik di Laptop atau HP, tapi cukup dengan perintah suara di depan HP Android bapak/ibu. Pengalaman yang sudah diterapkan dalam membuat satu RPP sekitar sepuluh menit untuk satu pertemuan. Setelah itu guru langsung bisa mengeprint dan tinggal minta tanda tangan kepala sekolah untuk disahkan. Inovasi ini membuktikan Guru PAI tidak ketinggalan dalam menghadapi revolusi indutri 4.0.

“Pelatihan ini diikuti semua Guru PAI di Kudus semua jenjang dan akan merasakan manfaatnya. Lebih-lebih AGPAII sudah mempunyai legalitas dari Kementerian Hukum dan HAM,” harapnya.

Kegiatan yang bekerjasama dengan Seksi PAIS Kementerian Agama Kudus dan Dinas Pendidikan itu diikuti dari perwakilan guru PAI dari tingkat TK hingga SMA, dalam worshop kali ini diikuti 153 peserta. “Hingga saat ini, guru PAI di Kudus yang sudah mempunyai aplikasi baru dan sudah login berjumlah 335 dari jumlah 805 guru PAI, Setelah pelatihan ini pastinya akan bertambah,” ujarnya.

Dengan menggunakan aplikasi RPP AGPAII Digital, guru dengan mudah menyusun RPP sesuai dengan kebijakan Mendikbud yang terbaru.

“Caranya sangat mudah, yaitu guru mendownload aplikasinya di playstore ketik RPP AGPAII Digital. Tapi sebelumnya guru harus mempunyai Kartu Tanda Anggota yang dapat registrasi di playsore KTA AGPAII,” kata Sanusi

Dijelaskannya, AGPAII sendiri merupakan satu-satunya organisasi profesi guru yang telah memiliki satu platform untuk seluruh kebutuhan guru PAI. Berupa database Identitas Digital GPAI berupa KTA Digital, profil guru, video, murattal, ruang dialog antarguru, penyusunan RPP. Ke depan aplikasi ini akan dikembangkan dengan penilaian harian, tengah semester, akhir semester, media pembelajaran, bahan ajar, dan publikasi ilmiah.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor Kemenag Kudus, Drs,H, Akhmad Mundakir,  M.SI , Ketua DPW AGPAII Jawa Tengah, Dr. Muhammad Ahsan S.Ag M.Kom, dan HM Fauzin tentor Nasional. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :