Guru PAUD Diminta Jadi GURAME

oleh -1,005 kali dibaca

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Menjadi guru PAUD/TK tidaklah mudah, selain bekerja dengan sabar dan sepenuh hati mereka juga dituntut untuk dapat menciptakan proses belajar yang asyik dan menyenangkan (GURAME) di dalam kelas. Hal ini disampaikan motivator PAUD/TK Deden Hamsya dalam halal bihalal dan workshop yang diselenggarakan oleh PAUD Averroes Bangsri, baru-baru ini di Pendopo Kabupaten Jepara.

Ketua Yayasan Averros Hindun Annisah mengatakan kegiatan motivator bagi guru TK ini, diikuti sekitar 350 peserta perwakilan TK/PAUD se Kabupaten Jepara. Namun ada pula mereka yang sengaja datang dari luar kota seperti Kabupaten Rembang dan Pati. “Dari jumlah peserta sebenarnya kami batasi tiga ratus guru, namun yang hadir lebih dari tiga ratus lima puluh,” ujarnya.

Dikatakannya, melalui pembelajaran guru asyik dan menyenangkan (Gurame) ini, mereka akan lebih kreatif saat berada di dalam kelas. Termasuk bekal pembelajaran, game (permainan) bagi anak PAUD/TK, lagu anak anak, serta tari tarian. “Kita memberikan motifasi agar mereka bisa lebih, asyik dan menyenangkan saat berada di dalam kelas,” imbuhnya.

Sementara itu, Deden Hamsya, untuk menjadi seorang tenaga pendidik tidak cukup hanya bermodalkan niat saja, namun harus disertai dasar ilmu pengetahuan yang tinggi. Selain itu, lanjut dia, harus dibekali bagaimana mengimplikasikan segala instrumen yang ada. “Anak-anak lebih senangnya ‘kan bermain. Namun bagaimana seorang guru memanfaatkan instrumen-instrumen tersebut supaya di dalam permainan itu lebih dominan nilai-nilai pendidikannya. Selain itu, perlu juga seorang guru menguasai panggung atau banyak gerak,” ujarnya.

Staff Ahli Bupati Jepara Bambang Slamet Raharjo memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini. Dikatakannya, saat ini kesadaran masyarakat akan budaya pendidikan semakin tinggi. Salah satu menjadi tantangan bagi para guru dan yayasan untuk mengelola lembaga pendidikan untuk mengawal perkembangan anak yang berkualitas dan berakhlakul karimah. “Diharapkan kualitas anak didik ini akan semakin baik,” ujarnya. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.