Hamparan Tergenang Dialih Fungsi Jadi Kolam Ikan Koi

oleh -656 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Kawasan hamparan Desa Kirig sisi selatan hampir selalu tergenang air kecuali saat kemarau kering. Sehingga tidak layak dijadikan lokasi menanam padi. Namun, Berkat peran Balai Penyuluh Pertanian (BPP) yang ada di kecamatan, usaha tani yang dilaksanakan para petani semakin kreatif setelah mendapatkan pendampingan. Seperti terlihat pada aktifitas petani di hamparan Poktan Tani Jaya Desa Kirig Kecamatan Mejobo.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus, Catur Sulistiyanto mengatakan, berkat kehadiran penyuluh pertanian BPP Kecamatan Mejobo ditengah-tengah petani, maka kawasan tergenang tersebut diubah fungsinya menjadi kolam ikan. Namun bukan ikan konsumsi, tetapi ikan hias yang mempunyai nilai harga lebih.

Para petani budidaya ikan koi tersebut dikerjasamakan dengan pengelola kolam ikan koi di lahan Balai Benih Ikan (BBI) yang terletak di Desa Margorejo, Kecamatan Dawe. Sehingga, para petani poktan Tani Jaya tersebut tidak kesulitan menjual produk panennya.Selain kolam tanah, para petani tersebut juga memanfaatkan adanya kolam tembok yang mangkrak karena tidak dipergunakan lagi untuk budidaya perikanan. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :