Hanya Ada Dua Sekolah Tingkat SMP/MTs Di Kudus Yang Laksanakan UNBK Tahun 2016

oleh -1,145 kali dibaca

Kudus, isknews.com – (22/04) Pelaksanaan Ujian Nasional untuk Tingkat SMP/MTs di Kabupaten Kudus akan dilaksanakan pada 09 Mei – 12 Mei 2016, sejumlah persiapan dilakukan oleh sekolah – sekolah ditingkat SMP/MTs di Kabupaten Kudus baik secara tertulis maupun berbasis komputer.

Dari pelaksanaan UN tingkat SMP/MTs yang mengikuti UN berbasis komputer di Kabupaten Kudus hanya ada dua sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dari sekian sekolah yang berada di Kabupaten Kudus.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus Joko Susilo melalui Sekretaris Dinas (Sekdin) Hartono saat ditemui oleh isknews.com mengatakan “pelaksanaan UN tingkat SMP/MTs akan dilaksanakan pada 09 Mei – 12 Mei 2016 baik secara tertulis maupun komputer” terangnya.

Pelaksanaan UNBK di Kabupaten Kudus di dua sekolah tersebut antara lain SMP N 1 Kudus dan SMP Assa’idiyah di tahun 2016 ini, dimana pada tahun 2015 sebelumnya tidak ada.

Sementara itu, Hartono juga menambahkan dalam pelaksanaan UNBK tentunya tidak mudah untuk melaksanakan bagi sekolah yang UN berbasis komputer itu, perlu ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi dalam pelaksanaan UNBK disekolah seperti sarana prasarana harus memenuhi kriteria diantaranya memenuhi Spek komputer yang digunakan serta jumlah komputer yang ada sebagaimana yang disebutkan di dalam peraturan pusat.

“Jadi tidak semudah begitu saja sekolah melaksanakan UNBK di sekolahnya, perlu ada syarat yang harus dipenuhi jika melaksanakan UNBK seperti Spek komputer yang digunakan, jumlahnya harus memenuhi siswa yang ada, dll. Sehingga jika syarat – syarat itu terpenuhi nantinya akan diajukan ke pusat untuk bisa melaksanakan UNBK” imbuhnya.

Sejauh ini berdasarkan data Disdikpora Kudus pelaksanaan UNBK di Kabupaten Kudus baik ditingkat SMK/SMA, SMP/MTs di tahun 2016 meningkat, dimana pada tahun sebelumnya UNBK ditingkat SMA/SMK itu terdapat 10 sekolah tahun 2016 terdapat 17 sekolah, sedangkan untuk SMP/MTs yang dulu tidak ada, kini tahun 2016 ada 2 sekolah.(SM/red)

KOMENTAR SEDULUR ISK :