Hanya Piagam Lomba Berjenjang Yang Diakui

oleh -4,837 kali dibaca

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Nilai Prestasi (NP) yang ditunjukkan dengan sertifikat atau piagam menjadi salah satu nilai tambah dalam pendaftaran calon siswa SMA. Namun, piagam yang diakui hanya piagam lomba yang berjenjang. Utamanya, yang diselenggarakan instansi pemerintah. Calon peserta didik baru, cukup menunjukkan sertifikat asli saat verifikasi berkas di masing-masing sekolah.

Untuk memastikan keaslian piagam, sekolah hanya mengandalkan legalisir dari instansi penyelenggara lomba. Jika legalisir masih diragukan, sekolah meminta surat keterangan dari instansi yang mengeluarkan piagam.

“Sebenarnya, saat verifikasi cukup menunjukkan saja, tapi kebanyakan tidak membawa. Jika tidak membawa yang asli cukup membawa salinan, kalau masih diragukan, kami minta untuk dilegalisir,” ujar Kepala SMA Negeri 1 Jepara Udik Agus didampingi sekretaris panitia Hartono, Senin (12/6/2017).

Udik melanjutkan, piagam yang bisa digunakan untuk mendaftar adalah piagam lomba berjenjang. Mulai dari tingkat kabupaten hingga nasional. Masing-masing jenjang, mempunyai bobot nilai yang berbeda. “Untuk yang pernah menjadi juara satu akademik tingkat nasional dan internasional langsung diterima,” imbuhnya.

Berkaca pada tahun sebelumnya, jumlah calon siswa yang melampirkan piagam lomba saat mendaftar tidak banyak. Dari lebih kurang 400 siswa yang diterima, hanya 10 persen calon siswa yang mendaftar dengan melampirkan piagam lomba.

Senada juga disampaikan Kepala SMA Negeri 1 Tahunan Bambang Supriyanto. Jumlah calon siswa yang mendaftar dengan melampirkan piagam tidak banyak. Sebagian besar siswa yang mendaftar dengan melampirkan piagam prestasi diterima. “Pada umumnya anak-anak yang mendaftar dengan piagam prestasi ini mampu mendongkrak prestasi non akademik sekolah,” kata Bambang.

Di SMA N 1 Jepara, tahun ini jurusan IPA masih menjadi favorit sebagian besar peserta Didik. Jurusan ini membuka untuk enam kelas, sedangkan jurusan IPS empat kelas dan Bahasa hanya satu kelas. Berdasarkan pantauan di lapangan, sampai Senin siang, nilai tertinggi untuk pendaftar jurusan IPA yakni 60 dan terendah 38. Pengumuman hasil pendaftaran akan dilakukan secara serentak 19 Juni mendatang. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :